Dukung Percepatan Vaksinasi, Dokter Gigi Siap Berperan Jadi Vaksinator

Senin, 16 Agustus 2021 - 20:32 WIB
loading...
Dukung Percepatan Vaksinasi, Dokter Gigi Siap Berperan Jadi Vaksinator
PB PDGI juga akan mengapresiasi seluruh dokter gigi yang akan berperan sebagai vaksinator. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong PB PDGI agar dokter gigi dapat membantu dan terlibat aktif dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi masyarakat di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia saat opening speech di acara Super Webinar XII Special Vaksinator kali kedua yang digelar PBPDGI, Sabtu (14/8) lalu.

Baca juga: Ini Ukuran Kadar Gula Darah Normal Setelah Puasa ataupun Makan

Ketua Umum PBPDGI, R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM menyampaikan, meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia, tingginya angka kematian Covid-19, banyaknya tenaga kesehatan yang gugur, kebutuhan nakes untuk melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat sehingga target herd community bisa tercapai merupakan latar belakang situasi nasional yang menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Di sinilah peran dokter gigi sebagai vaksinator dibutuhkan," tegasnya.

PBPDGI juga akan mengapresiasi seluruh dokter gigi yang akan berperan sebagai vaksinator sebagai reward bakti sosial pengabdian kepada masyarakat, dengan pemberian SKP dari P3KGB. Dokter gigi juga wajib memberikan edukasi ke masyarakat terkait dengan promotif dan preventif bahwa pentingnya menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan yakni 6M.

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, drg. Ani Ruspitawati, MM dan Kepala Puslatkesda Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Dr. Nisma Hiddin, SH, MH. Lalu, sebagai pembicara, Direktorat Jenderal P2P Kemenkes RI, Dr. Asik Surya, MPPM; Fasilitator DKI Jakarta, dr. Suci Rias Fitrisia; KOMNAS KIPI, dr. Ellen Roostaty Sianipar, Sp.A(K); dan Pakar Kesehatan, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, FINASIM. Sebagai moderator acara, Wakil Sekjen PB PDGI, drg. Iwan Dewanto, MMR., Ph.D.

Sekitar 1.600 dokter gigi mengikuti acara pelatihan Workshop kedua Tata Laksana Vaksinasi Covid-19 bagi Dokter Gigi, yang merupakan hasil kerjasama antara PBPDGI dengan Kementerian Kesehatan RI serta Pusdiklat Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Sebelumnya pada pelatihan workshop pertama, 22 Juli 2021, sukses diikuti sekitar 3.000 peserta dokter gigi dari seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana, Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes dalam keterangan persnya, Senin (16/8), menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Puslatkesda Provinsi DKI Jakarta dan seluruh rekan PBPDGI yang sudah bahu membahu menyukseskan kegiatan. Webinar ini sendiri merupakan program rutin PB PDGI sejak awal pandemi.

Sebagai sponsor, drg. Safira Khairina, yang merupakan Partnership Manager GIGI.ID, mengatakan bahwa besarnya jumlah dokter gigi yang mencapai 40 ribu menjadi potensi dan salah satu solusi dalam peningkatan perbaikan kesehatan masyarakat Indonesia. Sehingga para dokter gigi selaku anggota dari PDGI ini perlu dijangkau dan diajak bersama-sama.

"Kami dari GIGI.ID sebagai aplikasi buatan anak bangsa siap mendukung program-program PBPDGI dan siap berkolaborasi dengan seluruh PDGI di Indonesia dan seluruh stakeholders yang memiliki program serta rencana untuk peningkatan akses pelayanan kesehatan gigi dan mulut," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)