Cara Menghilangkan Karang Gigi Selain Scaling, Ini 5 Tipsnya!

Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:03 WIB
loading...
Cara Menghilangkan Karang Gigi Selain Scaling, Ini 5 Tipsnya!
Cara menghilangkan karang gigi selain scaling adalah dengan menggunakan benang. Foto/Healthday
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karang sendiri menjadi salah satu hal yang memengaruhi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Memang salah satu cara yang paling efektif adalah dengan scaling. Alat yang disebut ultrasonic scaler ini bekerja merontokkan karang yang ada di sela-sela gigi dan di bagian garis gusi. Kedua bagian ini biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Dengan scaling ini, karang gigi yang sangat keras sekali pun dapat dihilangkan. Scaling gigi idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali.Dikutip dari American Academy of Periodontology, plak tebal yang sudah mengeras butuh dihilangkan dengan perawatan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Selain scaling, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

Baca Juga : Gegara Kawat Gigi, Gadis 17 Tahun di Padangsidimpuan Tewas

1. Menyikat gigi dua kali sehari

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyikat gigi secara teratur masuk.Menyikat gigi merupakan salah satu cara paling gampang menghilangkan juga membersihkan karang gigi. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit. Dsarankan untuk menyikat selama 30 detik untuk masing-masing empat bagian gigi (samping kanan, samping kiri, depan, dalam).

Selain itu pemilihan sikat gigi yang benar juga harus diperhatikan. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda, pastikan kepala sikat tidak terlalu besar atau kekecilan.

3. Bersihkan gigi dengan benang

Pada dasarnya menyikat gigi hanya akan membersihkan permukaan gigi saja dan tidak sampai menjangkau bagian terdalam sela-sela gigi. Nah untuk menjangkau tempat yang sulit, membersihkan gigi dengan benang (dental floss) sangat disarankan.

Selain membersihkan karang gigi, rutin membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Membersihkan gigi dengan benang idealnya dilakukan setelah menyikat gigi.

4. Menggunakan baking soda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)