Sakit Perut Sebelah Kanan Jangan Diabaikan, Bisa Jadi Gejala 5 Penyakit Ini!

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:18 WIB
loading...
Sakit Perut Sebelah Kanan Jangan Diabaikan, Bisa Jadi Gejala 5 Penyakit Ini!
Sakit perut sebelah kanan jangan diremehkan, ini bisa jadi gejala ada beberapa penyakit berikut ini. Foto/www.health.com
A A A
JAKARTA - Sakit perut sebelah kanan jangan dianggap sepele. Bila sakit dirasakan terus menerus, sebaiknya Anda waspada, karena bisa jadi ini gejala adanya penyakit tertentu. Dengan kewaspadaan lebih dini, Anda bisa cari tahu penyebabnya dan mengobatinya sedini mungkin.

Berbagai penyakit ringan hingga berat bisa menyebabkan munculnya rasa sakit di bagian kanan perut. Namun biasanya sakit perut di bagian kanan disebabkan oleh gangguan pada organ tubuh tertentu, seperti hati, kantong empedu, atau ginjal sebelah kanan.

kan Nah pada wanita harus lebih waspada, rasa sakit di bagian kanan perut bisa disebabkan akibat adanya gangguan pada sisi kanan tuba falopi.Seperti dilansir dari laman Health, sakit perut sebelah kanan bisa jadi gejala adanya penyakit berikut ini:

Baca Juga : Penyakit yang Mengancam Dibalik Kelamaan WFH, Nyeri hingga Stroke

1. Radang pada usus buntu

Radang usus buntu adalah peradangan pada usus buntu, organ yang berbentuk seperti jari dan sempit yang bercabang dari bagian pertama usus besar pada bagian kanan perut. Walau usus buntu merupakan organ yang tidak diketahui fungsinya, usus buntu dapat mengalami penyakit. Radang usus buntu akut adalah penyebab utama dari operasi perut di seluruh dunia.

Jika tidak diatasi dengan segera, ada kemungkinan usus buntu yang meradang dapat pecah, mengeluarkan feses/tinja ke rongga perut. Salah satu gejala khas radang usus buntu adalah sakit perut sebelah kanan bawah yang disertai mual, muntah, kembung, sembelit, dan demam.

2. Batu empedu

Kondisi penyakit batu empedu atau kolelitiasis yang ringan jarang menimbulkan gejala. Penderitanya mulai dapat merasakan gejala jika saluran empedu tersumbat akibat pengendapan batu empedu.

Gejala utama batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare.
Keluhan sakit perut tersebut dapat menjalar hingga ke dada, punggung bagian atas, dan bahu yang disertai gejala mual dan muntah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)