Sering Cuci Tangan Bikin Tangan Anda Iritasi? Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini

Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:28 WIB
loading...
Sering Cuci Tangan Bikin Tangan Anda Iritasi? Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini
Mencuci tangan dengan sabun juga dapat mengakibatkan tangan kering dan iritasi karena kandungan bahannya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Rajin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer adalah kebiasaan yang wajib dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Dengan rajin mencuci tangan, maka potensi seseorang tertular Covid-19 semakin kecil.

Baca juga: Dari Empat Produsen Vaksin Covid, Indonesia Telah Menerima 190 Juta Dosis

Namun, sejumlah potensi kesehatan kerap mengintai masyarakat akibat sering mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

Mencuci tangan dengan sabun juga dapat mengakibatkan tangan kering dan iritasi karena kandungan bahannya. Oleh karena itu, menjaga kelembapan kulit perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Sebagaimana diketahui banyak masyarakat yang mengeluhkan tangan mereka menjadi kering, dan kulit pecah-pecah akibat sering mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer.

Menukil laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Rabu (18/8), berikut tips mengatasi tangan kering karena sering mencuci tangan.

1. Pilih sabun yang memberi kelembapan pada kulit.

2. Hindari mencuci tagan dengan air panas karena dapat menyebabkan kehilangan minyak alami pada kulit yang berfungsi melembapkan kulit.

3. Hindari meggosokkan tangan ke kain, handuk atau tisu saat mengeringkan tangan. Cukup tepuk-tepuk dengan lembut saat mengeringkan tangan untuk mencegah kulit tangan lecet atau perih.

Baca juga: Varian Delta Banyak Ditemukan di Provinsi-Provinsi Ini

4. Gunakan pelembap yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulit.

5. Biasakan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan setiap harinya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)