Sistem Imun Kurang Optimal, Anak Pengidap Stunting Mudah Sakit

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 11:32 WIB
loading...
Sistem Imun Kurang Optimal, Anak Pengidap Stunting Mudah Sakit
Stunting pun dapat memengaruhi kinerja otak si anak dan ini berdampak ke kualitas kecerdasannya. / Foto: ilustrasi
A A A
JAKARTA - Stunting biasa dikenali dengan kondisi anak yang panjang badan dan tinggi badan terhadap usianya lebih dari 2 dari standar deviasi di bawah median kurva pertumbuhan anak berdasar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Masalah ini ternyata dapat memengaruhi kesehatan si anak di masa depan.

Baca juga: Cegah Stunting Bisa Dilakukan dengan Mudah, Begini Caranya

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, Sp.GK, salah satu dampak buruk dari stunting adalah sistem imun tubuh menjadi kurang optimal.

"Jika anak mengidap stunting, sistem imunnya bisa kurang baik sehingga anak mudah sakit," ungkap dr Nurul saat Instagram Live, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, stunting pun dapat memengaruhi kinerja otak si anak dan ini berdampak ke kualitas kecerdasannya. "Stunting juga menyebabkan kecerdasan si anak berada di bawah rata-rata sehingga prestasi belajarnya tidak bisa maksimal," sambungnya.

Buruknya lagi, stunting hingga sekarang belum dapat dipastikan penyebab utamanya. Tapi, para ahli kesehatan maupun dokter mengungkapkan bahwa penyebab stunting di Indonesia itu beragam.

"Mulai dari kekurangan energi kronik pada ibu hamil, kurangnya pengetahuan ibu, penyakit infeksi berulang pada anak, sanitasi yang kurang, hingga layanan kesehatan yang terbatas," papar dr Nurul.

Nah, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan para orangtua untuk cegah anak lahir stunting, menurut dr Nurul, adalah konsumsi makanan bergizi dan seimbang. Konsep makan Isi Piringku yang dirancang Kementerian Kesehatan bisa jadi acuannya.

Baca juga: Tahukah Anda, Makanan Atlet Berbeda dengan Orang Biasa

"Jadi, dalam satu piring itu terdiri dari makanan pokok (â…“ porsi) dan sayur (â…“ porsi), serta sisanya adalah lauk-pauk dan buah-buahan (â…“ porsi). Namun untuk balita, porsi lauk perlu ditambahkan lebih banyak," sarannya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)