Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Apa Saja? Simak Solusinya

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 22:20 WIB
loading...
Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Apa Saja? Simak Solusinya
Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Apa Saja? Simak Solusinya. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Makanan tertentu dapat menyebabkan asam urat. Asam urat merupakan bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam aliran darah. Terlalu banyak asam urat dapat menyebabkan serangan asam urat yang menyakitkan.

Serangan ini terjadi ketika tubuh tidak dapat membuang asam urat dalam aliran darah, sehingga asam urat mengendap di sekitar sendi. Serangan asam urat biasanya datang tiba-tiba di malam hari dan dapat berlangsung dari tiga hingga 10 hari.

Makanan yang dapat memicu serangan asam urat seringkali mengandung zat purin yang tinggi. Ketika purin dicerna, tubuh menciptakan asam urat sebagai produk limbah yang menyebabkan asam urat. Selain makanan tinggi purin, jika menderita asam urat, Anda harus berhenti minum alkohol.


Adapun makanan yang dapat menyebabkan asam urat di antaranya adalah jeroan termasuk hati, ginjal dan otak. Daging buruan seperti burung, daging sapi muda, dan daging rusa harus dikecualikan dari menu untuk menghindari serangan asam urat.

Semua jenis ikan dan makanan laut lainnya termasuk kerang, udang dan telur, bisa tinggi purin. Minuman manis seperti jus buah dan minuman bersoda bukanlah ide yang baik jika Anda menderita asam urat. Setiap tambahan gula termasuk sirup harus dihindari.

Dilansir dari Express, Sabtu (21/8) ragi sebaiknya dihindari jika Anda menderita asam urat. Menghindari sesuatu yang terlalu berlemak serta makan lebih sedikit daging dan ikan dapat membantu Anda mengelola asam urat dengan lebih baik. Makanan rendah purin mengandung kurang dari 100 mg purin per 100 gram.

Makanan lain yang dianjurkan dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, kacang, biji-bijian, gandum utuh dan telur.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)