Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli

Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:01 WIB
loading...
Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli
Pien Tze Huang Obat Tiongkok Legendaris.
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 BPOM telah menemukan banyak situs online maupun markerplace yang menjual barang palsu atau ilegal. Temuannya telah dikoordinasikan dengan beberapa pihak yang berkaitan, termasuk produsen hingga e-commerce penyedia layanan situs jual beli online.

Beberapa e-commerce pun telah menindak tegas para penjual atau toko online yang menjual obat atau vitamin palsu. Bahkan, mereka tak segan akan menempuh jalur hukum dan siap melaporkan penjual produk kesehatan palsu dan ilegal jika terbukti ada penjual yang melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku.

Tak hanya itu, mereka berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, dan tindakan lainnya sesuai prosedur yang berlaku. Upaya lain yang ditempuh agar para penjual jera adalah melakukan penetapan pengendalian harga produk dan menindak tegas toko atau penjual yang memasang harga produk tak wajar.

Untuk itu, sebagai konsumen yang sangat mementingkan kesehatan tubuh, Anda harus lebih bijak memilih obat yang dijual di toko obat maupun di e-commerce. Salah satu obat Tiongkok yang diburu masyarakat adalah Pien Tze Huang, dengan sejumlah khasiatnya terutama untuk kesehatan fungsi hati. Karena harganya yang tergolong mahal maka tak heran obat ini rentan dipalsukan.

Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli

Cek Keaslian Pien Tze Huang / sumber: pientzehuang.id

Oleh karena itu, sebagai konsumen yang cerdas Anda harus waspada dengan cara mengenali ciri-ciri dari Pien Tze Huang yang asli. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli Pien Tze Huang:
1. Jangan mudah tergiur dengan harga murah
Ada harga, ada rupa. Produk yang murah memang dicari masyarakat. Namun jangan tergiur dengan harga murah. Produk palsu biasa ditawarkan dengan harga yang lebih murah ke konsumen.

2. Terdapat nomor ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan
Anda bisa mengecek apakah nomor ijin edar yang tertera pada kemasan terdaftar langsung dari BPOM dengan mengakses ke situs cekbpom.go.id

Untuk Pien Tze Huang Asli terdapat nomor ijin edar POM TI 164 250 351 untuk kemasan butir dan POM TI 164 350 341 untuk kemasan kapsul.

Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli


3. Pastikan stiker keaslian berikut tertera pada kemasan
Di setiap kemasan Pien Tze Huang yang asli pasti terdapat tiga stiker resmi, yaitu stiker hologram PT Saras Subur Abadi, stiker label izin penggunaan bahan baku yang dilindungi oleh Pemerintah RRC, dan stiker hologram terdapat nomor seri pada bagian belakang kemasan. Oleh karena itu, pastikan stiker-stiker tersebut tertempel pada kemasan.
Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli

4. Pastikan Pien Tze Huang dibuka dan ditumbuk di depan Anda
Apabila anda membeli produk Pien Tze Huang di toko obat / apotek. Mintalah selalu kepada penjual untuk MEMBUKA dan MENUMBUK Pien Tze Huang di depan Anda. Perhatikan bahwa bubuk obat yang dikapsulkan adalah obat yang sama dengan yang ditumbuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)