Keindahan Alam dan Kearifan Lokal yang Tersimpan di Desa Wisata Cangkuang Garut

Senin, 23 Agustus 2021 - 10:39 WIB
loading...
Keindahan Alam dan Kearifan Lokal yang Tersimpan di Desa Wisata Cangkuang Garut
Garut siap bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19 lewat pariwisata. Foto-Foto/MPI/M Sukardi/Biro Komunikasi Kemenparekraf
A A A
GARUT - Garut siap bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19. Desa Wisata Cangkuang yang berada di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut , Jawa Barat, diyakini Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan membangkitkan gairah wisata di daerah tersebut.

Desa Wisata Cangkuang Garut memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya soal keindahan alam yang terhampar luas, tetapi kearifan lokal warga yang masih dipertahankan sampai sekarang, membuat lokasi wisata ini sangat menarik untuk disambangi.



"Desa Wisata Cangkuang Garut memiliki daya tarik wisata seperti candi hingga setu atau danau yang berpotensi menggeliatkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut," kata Menteri Sandi saat berbicara di depan gerbang utama sebelum masuk area Candi Cangkuang, Minggu (22/8).

Menteri Sandi melanjutkan, daya tarik desa wisata ini akan dioptimalkan sebagai upaya kebangkitan ekonomi nasional berbasis desa wisata. "Kita harapkan desa wisata Cangkuang ini menjadi percontohan dan terbukti desa wisata ini menjadi percontohan bagi 4 desa wisata lain di Kecamatan Leles dan mampu memberikan 'multiplier effect' bagi masyarakat sekitar," ungkapnya.

Keindahan Alam dan Kearifan Lokal yang Tersimpan di Desa Wisata Cangkuang Garut


Nama Cangkuang diambil dari nama pohon Cangkuang yang ada di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad. Pohon Cangkuang adalah sejenis pohon pandan (pandanus furcatus). Dulu, daunnya dimanfaatkan untuk membuat tudung, tikar, atau pembungkus gula aren.

Candi Cangkuang menjadi daya tarik yang ada di puncak Kampung Pulo. Pengunjung yang ingin melihat candi tersebut harus melalui setu (danau) menaiki rakit. Lokasi candi berada di pintu masuk kawasan cagar budaya sekitar 300 meter. Candi Cangkuang dikelilingi perairan dan seperti membentuk sebuah pulau kecil.

Keindahan Alam dan Kearifan Lokal yang Tersimpan di Desa Wisata Cangkuang Garut


Keindahan ini yang pasti tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Seperti yang dijelaskan di awal, kearifan warga lokal pun menjadi hal yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Terlebih jika Anda ingin berlibur dengan konsep 'local tourism'.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)