Tepis Rasa Khawatir, Begini Cara Persiapkan Anak Gadis Menghadapi Menstruasi Pertama

Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:27 WIB
loading...
Tepis Rasa Khawatir, Begini Cara Persiapkan Anak Gadis Menghadapi Menstruasi Pertama
Banyak anak gadis khawatir akan mendapatkan menstruasi pertama mereka di sekolah, saat tidak di rumah, atau ketika ibunya tidak ada untuk membantu. / Foto: ilustrasi/HealthyWomen
A A A
JAKARTA - Banyak anak gadis khawatir mereka akan mendapatkan menstruasi pertama mereka ketika di sekolah, saat menginap di rumah teman/saudara, atau ketika ibunya tidak ada untuk membantu.

Baca juga: Ini Daftar Makanan yang Bisa Dukung Anak Tumbuh Tinggi

Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas kapan menstruasi putri Anda akan dimulai, Anda dapat mempersiapkannya untuk hal-hal yang tidak terduga. Melansir Family Well, inilah yang harus Anda ketahui terkait hal tersebut.

Bicara tentang Perubahan Pubertas dan Tanda-Tanda yang Mungkin Dia Alami

Pastikan putri Anda mendapat informasi yang baik tentang menstruasi dan perubahan normal pubertas. Ada banyak sumber luar biasa yang tersedia saat ini yang benar-benar membantu anak perempuan melalui perubahan ini dengan cara yang positif.

Jelaskan beberapa perubahan umum yang mungkin dialami seorang gadis sebelum menstruasi dimulai seperti kram, sakit kepala, kekurangan energi, perubahan suasana hati, dan perasaan basah pada celana dalamnya, dll.

Tunjukkan padanya Cara Menggunakan Pembalut dan Melacak Menstruasinya

Luangkan waktu untuk menunjukkan padanya cara menggunakan pembalut dengan benar, sehingga jika Anda tidak ada di sana, dia akan tahu apa yang harus dilakukan.

Selain itu, jika Anda membantu si gadis belajar melacak menstruasi setelah dia mulai menstruasi, itu akan sedikit membantu mengurangi stres dan kecemasannya.

Diskusikan Apa yang Harus Dilakukan jika Itu Terjadi di Sekolah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)