Suhu Tubuh Normal Manusia, Segini Kisarannya

Kamis, 26 Agustus 2021 - 20:45 WIB
loading...
Suhu Tubuh Normal Manusia, Segini Kisarannya
Foto Ilustrasi/Wexnermedical.osu.edu
A A A
JAKARTA - Mengukur suhu tubuh bukan hal asing sekarang. Setiap memasuki lokasi baru, Anda pasti diminta untuk cek suhu, baik melalui alat otomatis maupun dengan thermogun.

Pengukuran suhu menjadi standar dasar skrining yang dapat menentukan apakah seseorang dikategorikan sebagai orang yang sehat atau tidak. Di beberapa lokasi, jika menemukan seseorang bersuhu tubuh di atas 37,2, mereka dianggap tidak sehat.



Lantas, berapa sejatinya suhu normal tubuh manusia?

Menurut laman Medlineplus, suhu tubuh normal itu sangat bervariasi, tergantung dari usia, aktivitas, dan waktu pengukuran suhunya. Namun, rata-rata suhu tubuh normal itu adalah 37 derajat celsius.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu normal manusia itu memiliki rentang yang luas mulai dari 36,1 hingga 37,2 derajat celsius," terang laporan tersebut, dikutip Kamis (26/8).

Untuk mendefinisikan demam, biasanya tim medis menetapkan suhu 38 hingga 38,5 derajat celsius pada orang dewasa. Kondisi ini bisa terjadi kebanyakan karena adanya infeksi atau penyakit tertentu dalam tubuh.



"Saat tubuh demam, itu adalah gejala atau tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha melawan penyakit atau infeksi. Jadi, tubuh memanaskan diri secara otomatis karena pada suhu tersebut, sulit bagi virus atau bakteri bertahan hidup," terang laman Health.

"Demam juga adalah proses tubuh mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, demam ini adalah suatu tanda bukan masalah penyakit itu sendiri," lanjut laporan tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)