Jangan Mandi Air Dingin Setelah Panas-Panasan, Ini Alasannya

Selasa, 17 Mei 2022 - 05:50 WIB
loading...
Jangan Mandi Air Dingin Setelah Panas-Panasan, Ini Alasannya
Seseorang dilarang langsung mandi air dingin setelah panas-panasan. Foto Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Apakah banyak dari Anda pernah mendengar nasihat tidak boleh langsung mandi air dingin setelah panas-panasan? Jika pernah, apakah Anda menaati nasihat tersebut atau mengabaikannya?

Tahukah Anda bahwa nasihat itu bukan isapan jempol semata. Sebab, Dokter Kulit Bamed dr Aninda Marina, SpDV, membenarkan bahwa tidak boleh seseorang langsung mandi air dingin setelah panas-panasan.

"Ya, tidak boleh langsung mandi air dingin setelah panas-panasan," tegas dr Marina pada MNC Portal, belum lama ini.

Baca Juga: Pilihan Operasi untuk Membesarkan Penis

Lantas, apa alasannya?

Menurut dr Marina, hal itu karena saat terkena cuaca panas ekstrem, tubuh akan segera mencoba mengatur suhu inti tubuh.
Salah satu caranya dengan mengirim sinyal ke saraf sensorik yang secara otomatis bereaksi untuk mengontrol aliran darah ke kulit melalui pembuluh darah.

Nah, sistem sirkulasi pembuluh darah mengangkut panas ke seluruh tubuh, mengirimkannya ke tempat yang dibutuhkan tubuh. Ketika aliran darah ke kulit berkurang, panas disimpan di dalam tubuh.

"Saat aliran darah meningkat, panas hilang dari tubuh dan keluar ke lingkungan, itulah sebabnya kita berkeringat saat kepanasan," paparnya.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Tegaskan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Diakui Negara ASEAN

Mandi air dingin, kata dr Marina, dapat membuat rasa lebih dingin untuk waktu yang singkat karena kulit bereaksi terhadap perubahan suhu secara langsung. Saat air dingin mengenai kulit, tubuh merespons dengan mengurangi aliran darah atau yang biasa disebut dengan vasokontriksi.

Akan tetapi, reaksi ini pada dasarnya menipu lapisan luar kulit untuk berpikir bahwa suhu inti tubuh lebih dingin, padahal tubuh kita masih menyimpan suhu panas. Maka dari itu mandi air dingin langsung setelah panas-panasan akan meningkatkan suhu tubuh inti secara keseluruhan demi mencapai keseimbangan suhu.

"Kondisi itu yang membuat Anda setelah mandi air dingin akan merasa lebih hangat atau panas setelahnya," tegas dr Marina.

Oleh karena itu, saran dr Marina, ada baiknya setelah berpanas-panasan Anda beristirahat sejenak agar menyeimbangkan suhu tubuh inti. "Baru boleh mandi air dingin setelah tubuh terasa tidak terlalu panas," sarannya.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0861 seconds (10.55#12.26)