Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata Paling Ingin Dikunjungi Usai Pandemi

Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:33 WIB
loading...
Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata Paling Ingin Dikunjungi Usai Pandemi
Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi masyarakat Indonesia usai pandemi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Destinasi wisata lokal lebih banyak dipilih warga untuk melepaskan kerinduan bertamasya ketika nanti pandemi virus corona jenis baru, COVID-19 berakhir. Start up perjalanan wisata Booking.com mencatat sekitar 76% masyarakat Indonesia akan berlibur ke tempat wisata lokal atau meningkat dari tahun lalu yang hanya 55%.

Persentase diperoleh dari survei wisatawan pada Maret 2020. Mereka diminta memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi setelah pandemi COVID-19 selesai. Hingga Mei 2020 ini, tercatat tujuh nama destinasi wisata lokal yang menjadi favorit. Pulau Bali menyumbang empat destinasi wisata yang diinginkan. Berikut di antaranya:

1. Yogyakarta
Berada di urutan pertama destinasi wisata yang diinginkan, memang patut disematkan untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini. Ada banyak destinasi wisata populer yang bisa dikunjungi di tempat Sultan Hamengkubuwono IX ini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner.( )

Beberapa di antaranya adalah Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Jalan Malioboro, Gunungkidul, dan berbagai Warung Gudeg. Bergeser ke wilayah Gunung Kidul, obyek wisata alamnya sangat menakjubkan seperti Gua Pandul, Pantai Ngobaran, Grojokan Sewu Kulon Progo, Gunung Merapi dan lain-lain.

Berwisata ke Yogya pun terkenal dengan bujet yang sangat ramah di kantong. Tak salah, bila Yogyakarta memang destinasi wisata lokal yang sangat ingin dikunjungi wisatawan domestik.

2. Jakarta
Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memang memiliki segalanya, dimana roda pemerintahan dan perekenomian negara terus berputar. Meskipun terkadang macet dan polusi udara parah, Jakarta nyatanya tak pernah sepi peminat.

Banyak destinasi wisata populer yang ada di kota ini, di antaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), Kepulauan Seribu dan lainnya. Infrastruktur pendukung pariwisata di sini juga terbilang sangat lengkap.

Untuk wisata belanja pun, Jakarta sangat komplet. Tak heran, banyak orang yang ingin segera mengunjunginya ke daerah khusus ibukota ini. Boleh dikatakan destinasi wisata di Jakarta ini adalah paket komplet berwisata.

3. Ubud
Sejak lama, Ubud pun dikenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional khas Bali. Pesona alam Ubud dikelilingi oleh hutan hijau tropis dan persawahan terasering yang memukau mata.

Banyak berdiri pura-pura batu yang menjadi tempat peribadatan umat Hindu Bali. Gunung Kawi adalah yang paling unik, karena pura ini diukir di tebing batu cadas, layaknya Petra di Yordania.

Berada di urutan ketiga, destinasi yang diinginkan untuk segera dikunjungi pantas disematkan pada Ubud. Sebuah wilayah di pinggiran yang memiliki pesona kecantikan alama Indonesia seutuhnya. Desa yang cantik, budaya yang kental, mencerminkan Bali sebagai Pulau Dewata, memang tercermin di Ubud.

4. Bandung
Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat memang cukup lama dikenal sebagai salah satu pusat industri pariwisata. Keberadaannya sudah sangat populer sejak era kolonial, tak heran jika banyak bangunan Belanda yang berdiri berjejer di sepanjang jalan Bandung.

Udara di kota ini begitu sejuk karena berdiri di atas perbukitan dan gunung Jawa Barat. Bandung juga dikelilingi oleh wilayah hutan hijau sehingga terasa masih asri dan alami.

Selain wisata alam, Bandung pun dikenal sebagai pusatnya wisata kuliner dan wisata belanja. Kreatifitas kota dan warganya, membuat orang-orang selalu ingin pelesiran ke kota Parahyangan ini.

5. Seminyak
Bali masih menyumbang destinasi wisata yang paling diinginkan. Setelah Ubud, ada Seminyak. Nama tempat ini bukanlah nama kota, melainkan sebuah kelurahan di Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Seminyak dikenal sebagai tempat salah satu pariwisata di Bali.

Terdapat begitu banyak pantai-pantai indah di kawasan ini, lengkap dengan berbagai fasilitas hotel mewah, spa, restoran, kafe, dan pertokoan. Beberapa pantai populer di Seminyak di antaranya yaitu Panta KuDeTa, Pantai Seminyak, dan Pantai Double Six.

6. Canggu
Tak salah bila Bali adalah pulau yang sangat populer. Banyak tempat indah di Pulau Dewata ini yang luar biasa. Salah satunya Canggu. Sebuah desa di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Desa ini mulai dikenal luas setelah dibukanya Deus ex Machina. Ada banyak pantai indah di kawasan ini, membentang antara Kerobokan dan Pantai Echo Beach yang sejuk.

Di sekitar pantai banyak berdiri bar dan kafe makanan lengkap dengan para hipster dan gadis-gadis pantai. Wisata paling populer di Canggu yaitu Pantai Batu Bolong dan Tanag Lot.

7. Kuta
Kuta juga masih menjadi tempat favorit orang yang ingin berlibur ke Bali. Kuta sebenarnya nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Badung, Bali. Kuta dikenal karena pantainya yang indah. Ombak di pantai-pantai Kuta sangat cocok untuk kegiatan olahraga selancar.

Berbagai villa mewah, hotel berbintang, restoran, dan mall banyak berdiri di Kuta. Beberapa destinasi populer di Kuta di antaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Legian, 5GX Bali Reverse Bungy, dan Joger Kuta Bali.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)