Berhenti Merokok Bukan Hal Mudah, Konsep Pengurangan Bahaya Bisa Jadi Solusi

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 12:37 WIB
loading...
Berhenti Merokok Bukan Hal Mudah, Konsep Pengurangan Bahaya Bisa Jadi Solusi
Konsep pengurangan bahaya dianggap mampu untuk menekan dampak bahaya rokok di tengah tingginya prevalensi merokok di Indonesia. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Konsep pengurangan bahaya (harm reduction)dianggap mampu untuk menekan dampak bahaya rokok di tengah tingginya prevalensi merokok di Indonesia.

Baca juga: Perpaduan Habbatussauda dan Madu Disebut Efektif Percepat Pemulihan Pasien Covid-19

Hal tersebut dinilai dapat membantu dalam menciptakan perbaikan kualitas kesehatan publik , terutama perokok dewasa.

Direktur Eksekutif Center for Youth and Population Research (CYPR), Dedek Prayudi memaparkan, konsep pengurangan bahaya bisa menjadi alternatif bagi para perokok yang menginginkan perbaikan kualitas kesehatan. Pasalnya, berhenti merokok secara langsung tidaklah mudah.

"Perubahan yang begitu radikal itu biasanya ongkosnya mahal. Ongkos yang saya maksud ini bukan hanya ongkos uang," kata pria yang akrab disapa Uki itu kepada wartawan, Sabtu (28/8).

Untungnya, saat ini sudah terdapat beragam produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, snus, dan kantung tembakau, yang menerapkan konsep pengurangan bahaya sehingga meminimalisasi dampaknya terhadap kesehatan.

Public Health England mengungkapkan bahwa produk tembakau alternatif mengurangi risiko 90%-95% dibanding rokok.

Oleh karenanya, kendati tidak 100% bebas dari potensi risiko, produk ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi yang masih kesulitan berhenti merokok. Bagi perokok, justru risiko kesehatan melalui penggunaan produk alternatif tersebut jauh berkurang dibandingkan dengan rokok konvensional.

"Saya pikir ini bisa menjadi alternatif buat masyarakat sekaligus menjadi pelengkap dari solusi penanggulangan masalah rokok," kata dia.

Meskipun begitu, Uki mengingatkan bahwa keberadaan dan pemanfaatan produk-produk ini harus disertai dengan regulasi tersendiri. Dengan begitu produk ini akan cukup efektif dalam menurunkan prevalensi merokok sekaligus mencegah potensi penyalahgunaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)