Protokol Kesehatan Covid yang Harus Dibiasakan untuk Beradaptasi dengan Pandemi

Minggu, 29 Agustus 2021 - 13:20 WIB
loading...
Protokol Kesehatan Covid yang Harus Dibiasakan untuk Beradaptasi dengan Pandemi
Protokol kesehatan Covid yang harus dibiasakan ada beberapa poin, salah satunya memakai masker. Foto Ilustrasi/Matcha
A A A
JAKARTA - Protokol kesehatan Covid yang harus dibiasakan ada beberapa poin. Mengingat belum pasti kapan pandemi Covid-19 akan berakhir, masyarakat tentu harus bersiap diri dalam masa transisi untuk hidup berdampingan dengan virus corona.

Maka itu, setiap institusi maupun pengelola fasilitas publik perlu melakukan pengawasan dan bertanggung jawab atas penerapan protokol kesehatan di tempat masing-masing.



Berikut adalah protokol kesehatan yang harus Anda biasakan, dikutip dari berbagai sumber pada Minggu (29/8).

1. Mencuci Tangan

Rutin mencuci tangan hingga bersih menjadi salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Untuk hasil yang maksimal, cucilah tangan setidaknya selama 20 detik beberapa kali sehari, terutama saat sebelum memasak atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah menutup hidung ketika batuk atau bersin.

Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lain, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan yang mengandung alkohol setidaknya dengan kadar 60%.

2. Memakai Masker

Virus corona jenis SARS-CoV-2 benar-benar baru, sehingga protokol kesehatan bisa berubah-ubah seiring bergulirnya waktu. WHO mengeluarkan imbauan agar semua orang baik yang sehat maupun sakit agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Protokol kesehatan virus corona terkait masker pun semakin digalakkan di beberapa negara. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) turut memperbarui pedoman terkait penggunaan masker. CDC mengimbau masyarakat memakai masker meski berada di dalam rumah pada kondisi tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0413 seconds (0.1#10.140)