Uban Tak Selalu Tanda Penuaan, Bisa Jadi Penyakit Serius

Senin, 30 Agustus 2021 - 14:38 WIB
loading...
Uban Tak Selalu Tanda Penuaan, Bisa Jadi Penyakit Serius
Uban Tak Selalu Tanda Penuaan, Bisa Jadi Penyakit Serius. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Uban tak selalu tanda penuaan, tapi bisa jadi penyakit serius . Menurut Parvinder Sagoo, Penasihat Medis Utama dan dokter di Simply Meds, uban bisa menandakan penyakit serius.

Sagoo mengatakan uban bisa menjadi tanda penyakit tiroid. Ketika tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, itu disebut penyakit tiroid .

"Rambut beruban juga bisa menjadi tanda penyakit tiroid, yang merupakan kondisi serius yang harus didiagnosis sesegera mungkin," kata Sagoo dilansir dari Express, Senin (30/8).

Untuk mencoba dan mencegah penyakit tiroid atau masalah tiroid, Anda harus memastikan memiliki cukup protein, kalsium, magnesium, dan yodium yang semuanya membantu kerja tiroid Anda.

Dijelaskannya, vitamin B, A dan C juga penting. Menurut Sagoo, kekurangan vitamin B juga bisa menyebabkan rambut beruban.

“Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan rambut menjadi beruban, ini tentu saja dapat dicegah atau dibalik jika Anda memastikan bahwa Anda memiliki jumlah vitamin B yang baik dalam diet Anda atau mengonsumsi suplemen,” jelas Sagoo.


Sumber vitamin B yang baik adalah telur dan susu, sayuran berdaun gelap, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan, daging (sebaiknya daging merah atau unggas).

Terkadang uban juga bisa menandakan vitiligo , suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya pigmen yang dikenal sebagai melanin di kulit, yang secara medis dikenal sebagai melanosit.

"Hal ini dapat menyebabkan bercak putih di kulit dan rambut Anda, dan mungkin berarti rambut Anda menjadi benar-benar putih atau abu-abu," ungkap Sagoo.

Menurut Sagoo, ada beberapa cara untuk mengobati vitiligo dan membantu mencegahnya. Seperti halnya menggunakan faktor perlindungan matahari spektrum luas (SPF), menyembunyikan bagian kulit yang terkena dan menggunakan berbagai krim dan salep.

“Namun begitu rambut memutih, akan sulit untuk membalikkannya,” ujar Sagoo.

Terlebih lagi, uban bisa menjadi gejala dari gangguan autoimun. "Rambut beruban juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki alopecia areata, gangguan autoimun yang umum," papar Sagoo.


Sementara itu, Harvard Health menyebutkan bahwa kapan dan seberapa menyeluruh rambut Anda beruban sebagian besar dipengaruhi oleh gen yang Anda warisi dari orang tua Anda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)