Eksim Bisa Tingkatkan Risiko Stroke, Ini Penjelasannya

Rabu, 01 September 2021 - 21:10 WIB
loading...
Eksim Bisa Tingkatkan Risiko Stroke, Ini Penjelasannya
Eksim Bisa Tingkatkan Risiko Stroke, Ini Penjelasannya. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Eksim merupakan kondisi kulit yang dapat meningkatkan risiko stroke . Stroke umumnya banyak dipicu oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi .

Satu studi mengidentifikasi kondisi kulit yang dapat meningkatkan risiko insiden akut. Sebuah studi berdasarkan catatan kesehatan dari hampir 2 juta orang menunjukkan bahwa eksim dapat meningkatkan risiko stroke.

Sekitar satu dari 10 orang menderita eksim, kondisi peradangan kronis yang membuat kulit kering dan gatal. Orang dengan kondisi yang parah akan mengalami ruam bersisik atau kulit yang pecah-pecah dan keluar.

Dilansir dari Express, Rabu (1/9) ada hingga 15 juta orang di Inggris yang diyakini hidup dengan eksim. Kondisi ini dapat diperburuk oleh penurunan suhu, yang menyedot kelembaban dari kulit.

Studi yang diterbitkan oleh British Medical Journal, menemukan bahwa eksim parah pada orang dewasa dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung, fibrilasi atrium, dan stroke.


Sebuah tim yang dipimpin oleh London School Hygiene and Tropical Medicine menganalisis data lebih dari 385.000 orang dewasa dengan eksim atopik. Data ini diperiksa silang dengan pasien yang tidak memiliki eksim.

Pasien dimasukkan ke dalam kelompok eksim atopik ringan, sedang atau berat dan dipantau selama rata-rata lima tahun. Insiden kardiovaskular utama dicatat selama masa tindak lanjut, termasuk serangan jantung, angina tidak stabil, gagal jantung, detak jantung tidak teratur, stroke, dan kematian kardiovaskular.

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pasien yang didiagnosis dengan eksim parah memiliki 20% peningkatan risiko stroke, dan 40 hingga 50% peningkatan risiko serangan jantung, fibrilasi atrium, dan kematian kardiovaskular.

Hasil penelitian tetap konsisten setelah semua faktor yang mendasari diperhitungkan. Selanjutnya, risiko mengembangkan masalah kardiovaskular setelah diagnosis eksim tetap relatif rendah.

Setiap tahun, 25 dari 10.000 pasien akan mengalami gagal jantung, dibandingkan dengan 21 dari setiap 10.000 orang yang tidak memilikinya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)