Ini 3 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Maluku Tengah

Jum'at, 03 September 2021 - 22:20 WIB
loading...
Ini 3 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Maluku Tengah
Masjid Tua Palopo merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masjid tertua di Indonesia ternyata berada di Maluku Tengah yang sudah dibangun sejak abad ke-11. Sejak abad ke-11 diperkirakan Islam mulai masuk Nusantara melalui jalur laut dari Jawa hingga Sumatera, seperti dikutip dari buku ‘Jejak Islam di Nusantara’ karya Adi Teruna Efendi, sejatinya Islam masuk ke Nusantara dengan cara damai.

Sejarah Islam di Nusantara pun meninggalkan jejak, yakni dengan adanya bangunan-bangunan masjid. Di mana saat ini masjid bersejarah yang dimaksuf masih berdiri kokoh, dan sebagai tujuan destinasi wisata religi bagi para pelancong.

Nah, berikut ini tiga masjid di Indonesia yang kaya akan sejarah peradaban Islam ketika masuk ke Nusantara. Bisa Anda jadikan tujuan wisata religi, seperti dikutip dari berbagai sumber :

Baca Juga :
Wisata Religi : Menelusuri Masjid-masjid Tua Jakarta Yang Sarat Sejarah

1. Masjid Saka Tunggal, Banyumas, Jawa Tengah (1288)

Ini 3 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Maluku Tengah


Pertama adalah Masjid Saka, lokasinya berada di Jawa Tengah, Desa Cikakak kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Keterangan atau sejarah lengkap mengenai berdirinya masjid tersebut, tertulis dalam buku-buku yang dibuat Kyai Mustolih yang juga pendiri masjid ini. Namun sayangnya buku ini sudah hilang.

Disebut Saka Tunggal, karena awalnya tiang yang digunakan untuk membangun masjid ini memang hanya satu. Pilar tunggal ini kabarnya melambangkan bahwa hanya ada satu Tuhan yaitu Allah SWT.

2. Masjid Tua Palopo, Sulawesi Selatan (1604)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)