Mengapa Cincin Pernikahan Diletakkan di Jari Manis? Ini Alasannya

Senin, 06 September 2021 - 00:10 WIB
loading...
A A A
Hal ini ditetapkan di Eropa pada tahun 1549 lantas menyebar ke seluruh penjuru dunia usai penjajahan yang dilakukan oleh bangsa dari benua biru tersebut.



Penggunaan Jari Manis Bagian Kanan

'Ajaran' yang dibawa oleh bangsa Eropa dan banyak diterapkan di negara barat adalah menyematkan cincin kawin pada jari manis di tangan kiri.

Alasannya adalah karena tangan kiri merupakan tangan yang jarang digunakan untuk aktivitas, sehingga diharapkan cincin tersebut akan aman terjaga.

Namun beberapa negara dan budaya termasuk di Indonesia sendiri merubah kebiasaan tersebut dengan memberikan cincin pernikahan di jari manis tangan kanan. Justru karena tangan kanan adalah tangan yang sering digunakan, maka filosofinya adalah bahwa agar seorang pengantin senantiasa ingat dengan pasangannya.

Itulah sedikit penjelasan dari alasan dan sejarah mengapa cincin kawin disematkan di jari manis. Entah tangan kiri atau tangan kanan, namun yang pasti hampir seluruh masyarakat di dunia menggunakan jari manis sebagai tempat bersemayamnya cincin pernikahan.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)