MSD Kembangkan Molnupiravir, Obat yang Diklaim Bisa Cegah Covid-19

Senin, 06 September 2021 - 10:41 WIB
loading...
MSD Kembangkan Molnupiravir,  Obat yang Diklaim Bisa Cegah Covid-19
Molnupiravir diklaim bisa cegah Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengembang obat Ivermectin , Merck, Sharp & Dohme (MSD) bermitra dengan Ridgeback Biotherapeutics, mengungkapkan bahwa pil Molnupiravir buatannya sudah masuk tahap akhir dalam uji coba obat pencegah Covid-19.

Ya, perusahaan farmasi itu berharap Molnupiravir dapat mencegah infeksi Covid-19 . Namun, hingga kini perusahaan belum memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana tepatnya obat tersebut akan digunakan.

Di sisi lain, dengan kuatnya data ilmiah yang menyatakan bahwa Ivermectin sejauh ini belum layak diberikan untuk obat terapi Covid-19, MSD mengembangkan pil baru yang ternyata menjanjikan untuk terapi Covid-19 yaitu Molnupiravir.

Keyakinan bahwa obat cacing Ivermectin itu berpotensi mengobati Covid-19 berawal dari penelitian di Australia pada Maret 2020 yang menunjukkan bahwa obat tersebut dapat menghambat replikasi sel virus.

Baca Juga : Ada Kasus COVID-19 Fiktif di Denpasar, Pasien Sembuh Ditulis Meninggal

"Tapi, hasil penelitian ini tidak berlaku untuk kehidupan nyata, karena konsentrasi obat yang digunakan peneliti terlalu tinggi untuk dipakai ke manusia," terang dr Timothy Geary, seorang ahli obat parasit yang telah mempelajari obat tersebut selama lebih dari satu dekade, dikutip dari DailyMail, Senin (6/9/2021).

Sayangnya, informasi tersebut tidak menghentikan banyak orang untuk mencoba mengobati diri mereka sendiri dengan obat itu. Sebab, rumornya sudah menyeruak ke seluruh dunia.

Bahkan, mereka yang tidak kebagian Ivermectin resep dokter, mengambil jalan pintas ekstrem dengan menggunakan Ivermectin untuk hewan. Ini yang kemudian membuat beberapa negara mendesak agar penggunaan obat Ivermectin dihentikan sementara.

Lebih lanjut, The Kenilworth, perusahaan berbasis di New Jersey, yang mengembangkan obat anti-parasit telah memperingatkan agar tidak menggunakan Ivermectin untuk memerangi Covid-19.

"Tidak ada dasar ilmiah yang kuat bahwa Ivermectin memiliki efek terapeutik potensial terhadap Covid-19 dari studi pra-klinis; Tidak ada bukti bermakna untuk aktivitas klinis atau kemanjuran klinis pada pasien dengan penyakit Covid-19, dan kurangnya data keamanan yang memprihatinkan di sebagian besar penelitian terhadap Ivermectin untuk Covid-19," terang laporan The Kenilworth.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)