3 Obat Asam Lambung di Apotek yang Dijual Bebas, Ini Daftarnya!

Rabu, 08 September 2021 - 17:18 WIB
loading...
3 Obat Asam Lambung di Apotek yang Dijual Bebas, Ini Daftarnya!
Obat asam lambung di apotek yang dijual bebas wajib diketahui. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Obat asam lambung di apotek yang dijual bebas penting diketahui, apalagi bagi mereka yang sering mengalami masalah asam lambung naik. Meningkatnya asam lambung sebenarnya adalah hal yang wajar dan biasa dialami oleh hampir semua orang. Melansir dari American Academy of Allergy Asthma and Immunology, produksi asam lambung berlebih akan menimbulkan gangguan pada pencernaan.

Asam lambung juga bisa membawa masalah ketika jumlahnya terlalu banyak. Cairan yang bersifat asam ini bila terus-menerus berlebihan bisa melukai lapisan perut, lambung, bahkan kerongkongan.Kondisi ini dapat menimbulkan gejala maag , mulai dari perut mulas, kembung , mual, panas di dada (heartburn), hingga mulut terasa pahit.

Naiknya asam asam lambung bisa disebabkan oleh kebiasaan kurang tepat atau masalah kesehatan tertentu, seperti gastritis atau GERD. Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa diredakan dengan obat-obatan. Ada tiga jenis obat bebas yang dapat digunakan untuk mengobati asam lambung, di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga : Stres dan Kecemasan Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik, Waspada!

1. Antasida

Antasida adalah salah satu obat bebas yang digunakan untuk menetralisasi asam lambung. Beberapa antasida mengandung simetikon, yaitu suatu bahan yang membantu menyingkirkan gas berlebih dalam tubuh.

Contoh obat antasida adalah Mylanta, Malox, Rolaids, Gaviscon, Gelusil, dan Tums. Namun obat antasida saja tidak mampu menyembuhkan tenggorokan yang meradang akibat naiknya asam lambung.

Harap diingat, bahwa konsumsi obat ini jangan terlalau sering. Karena bisa menimbulkan efek samping seperti sembelit, diare, kram perut, dan terkadang masalah ginjal. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk konsumsi yang tertera pada label obat.

2. H-2 receptor blockers

Obat histamin-2 (H-2) receptor blockers bekerja secara khusus untuk mengurangi peningkatan produksi asam lambung, yang bisa berujung pada maag. Contoh obat jenis ini adalah cimetidine (Tagamet), ranitidine (Zantac), dan famotidine (Pepcid).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)