Ini 9 Jenis Minuman yang Efektif Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Kamis, 09 September 2021 - 11:00 WIB
loading...
Ini 9 Jenis Minuman yang Efektif Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal
Ini 9 Jenis Minuman yang Efektif Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal. Foto: Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ada dalam darah dan sel-sel tubuh. Hal ini penting untuk membuat sel, jaringan dan organ. Itu juga membuat hormon, vitamin d dan jus empedu.

Ada kolesterol baik yang disebut HDL dan kolesterol jahat yang disebut LDL dan gliserida. Peningkatan kadar LDL dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri yang menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung.

Kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, makan lebih sedikit makanan olahan dan mengurangi lemak trans dalam makanan. Menjaga kolesterol pada tingkat yang sehat akan memastikan Anda panjang umur dan sehat.

Melansir Times of India, studi terbaru melaporkan bahwa kadar kolesterol tinggi ditemukan di hampir 25-30% dari populasi perkotaan dan hampir 15-20% dari populasi pedesaan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.



Bipin Kumar Dubey, HOD Dan Konsultan, Ilmu Jantung, Rumah Sakit Manipal HCMCT, Dwarka, New Delhi memberi daftar minuman yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Berikut 9 jenis minuman yang efektif menjaga kolesterol.

Teh hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Ini mengandung katekin dan epigallocatechin gallate. Minum teh hijau membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total. Teh hitam memiliki katekin lebih rendah daripada varian hijau.

Jus tomat

Tomat memiliki jumlah likopen yang baik, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi kerusakan sel. Hal yang menarik dari tomat adalah pengolahannya dapat membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)