Sandiaga Uno Mampir ke Cirebon, Langsung Berburu Empal Gentong dan Sate Kambing

Kamis, 09 September 2021 - 17:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno Mampir ke Cirebon, Langsung Berburu Empal Gentong dan Sate Kambing
Sandiaga Uno berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat. Di sana Sandi sempatkan diri berburu kuliner khas empal gentong dan sate kambing.
A A A
CIREBON - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Cirebon , Jawa Barat. Di sana Sandi sempatkan diri berburu kuliner khas empal gentong dan sate kambing .

Indonesia memiliki sederet kuliner lezat dan nikmat. Di setiap daerah ada kuliner khasnya, antara lain empal gentong Cirebon.



Makanan berkuah yang menggiurkan ini membuat Sandiaga Uno penasaran ingin menyantapnya. Selain empal gentong, Sandi juga memesan satu porsi sate kambing yang legendaris. Tampak bumbunya medok, potongan dagingnya cukup besar, dan porsinya lumayan banyak.

"Oke kita sekarang mau makan sate kambing yang sangat legendaris dari rumah makan Empal Gentong H. Apud," ujar Sandi, dikutip dari akun Instagramnya, Kamis (9/9/2021).

Selain itu, Sandi juga mengenakan batik Cirebon berwarna biru dengan motif yang khas. Sehingga semakin lengkap rasanya kulineran di Cirebon seraya melestarikan kearifan lokal.



Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, empal gendong di warung H. Apud disajikan menggunakan kucai. Keberadaan empal gentong sendiri sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi kuliner khas Kota Udang. Makanan ini mirip gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat), sehingga rasa serta aromanya berbeda dan sangat lezat.

Daging yang digunakan adalah jeroan seperti usus, babat, dan daging sapi. Empal gentong berasal dari Kabupaten Cirebon. Makanan khas Cirebon lain masih ada lagi yaitu tahu gejrot dan docang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)