Memanfaatkan Kelebihan Bawang Putih untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Jum'at, 10 September 2021 - 10:01 WIB
loading...
Memanfaatkan Kelebihan Bawang Putih untuk Jaga Kesehatan Tubuh
Selama masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang berupaya untuk menjaga kesehatan. / Foto: ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Selama masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang berupaya untuk menjaga kesehatan, dari berolahraga hingga mengosumsi herbal. Mereka pun yakin jika produk herbal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dan Lingkungan Rumah yang Bersih Berikan Rasa Aman dari Virus Covid-19

Salah satu bahan dapur yang dinilai mempunyai manfaat adalah bawang putih . Dalam laman resmi Kementerian Kesehatan kemkes.go.id, disebutkan bahwa manfaat bawang putih antara lain meredakan infeksi, radang dan pilek, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengendalikan tekanan darah.

Sedangkan The National Center for Biotechnology Information dalam jurnal berjudul "The effects of allium sativum on immunity within the scope of Covid-19 infection" disebutkan, allium sativum atau bawang putih merupakan pangan yang terkenal sebagai antimikroba, antiinflamasi, antitumor.

Mengonsumsi bawang putih dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan terhadap infeksi Covid-19, dengan fungsinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menekan produksi dan sekresi badai sitokin.

Mengambil manfaat dari bawang putih, seorang apoteker, Satya Steven Cornelius Putra meramunya menjadi ramuan herbal berbentuk minuman yang dia beri nama Satya Natural Juice.

Memanfaatkan Kelebihan Bawang Putih untuk Jaga Kesehatan Tubuh


Bukan hanya bawang putih, menurut Steven, produk herbalnya itu juga terbuat dari bahan alami lainnya, seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon. "Campuran herbal ini sudah dikonsumsi oleh keluarga besar saya secara turun-temurun," ungkapnya melalui pernyataan tertulis, Jumat (10/9/2021).

"Ternyata manfaatnya cukup bagus buat kesehatan. Akhirnya saya coba optimalkan formula dan cara pembuatannya selama 2-3 tahun, dan lahirlah Satya Natural Juice," jelas dia.

Menurutnya, produk herbalnya itu selain dapat membantu menjaga kesehatan, juga diklaimnya bisa menurunkan lemak darah dan asam lambung.

Baca juga: Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Penyebab dan Cara Mengatasinya

"Selain bawang putih, kandungan herbal lainnya seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon juga membantu meningkatkan stamina dan imun tubuh," ucap Steven yang memperkenalkan ramuan herbalnya melalui Instagram @satyahealthyjuice.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)