Atasi Tantangan Disrupsi Media, Prabu Revolusi Tawarkan Rumus Pentahelix

Kamis, 16 September 2021 - 14:27 WIB
loading...
Atasi Tantangan Disrupsi Media, Prabu Revolusi Tawarkan Rumus Pentahelix
Dalam rangka pemenuhan informasi, peran media terlebih media digital tentu sangat vital dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Kehidupan manusia di era serba digital seperti saat ini banyak bergantung pada dua hal, yakni internet dan teknologi .

Dalam rangka pemenuhan informasi, peran media terlebih media digital tentu sangat vital dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Oleh karenanya, sudah selayaknya negara hadir untuk menjamin optimalisasi fungsi penyiaran pada media digital .

Demikian sebagaimana diungkapkan Prabu Revolusi, seorang praktisi sekaligus akademisi dunia penyiaran yang kini menjabat sebagai News Director Deputy MNC Media.

"Harus ada keberpihakan dari negara agar kualitas informasi yang diberikan media semakin baik," ungkapnya saat memberikan pemaparan materi dalam acara Konferensi Penyiaran Indonesia 2021, Rabu, 15 September 2021.

Baca juga: Kocak, Pemeran Karakter Amanah Wali 5 Selalu Mengocok Perut

Dia kemudian memberikan contoh dari pemerintah di 2 negara yang membuat suatu kebijakan yang mendukung para pelaku usaha dan lembaga penyiaran serta media digital untuk semakin berkembang yakni Australia dan China.

Pemerintah Australia misalnya, yang mendorong para perusahaan raksasa dibidang teknologi digital seperti Google, Facebook dan sebagainya agar memberikan 'upah' yang sangat layak kepada portal berita online atas kegiatan jurnalistik yang dilakukan. Hal ini karena pemangku kebijakan di Negeri Kanguru tersebut menyadari betul bahwa media adalah pilar penting dalam kehidupan demokrasi.

Contoh lain adalah China. Walaupun kebebasan berekspresi adalah hal yang tabu di Negara Komunis tersebut, namun pemerintah China justru membuat aplikasi digital bernama 'Toutiao' yang menjadi wadah khusus bagi orang-orang di Negeri Tirai Bambu tersebut dalam mengakses berita.

Baca juga: Gunung Singgalang, Favorit Pendaki yang Melegenda karena Ilmu Silat Harimau

Toutiao lantas menjadi sebuah bisnis media digital yang menghasilkan dengan 240 juta pengguna yang mengakses aplikasi tersebut setiap bulannya. Itu berarti rata-rata setiap user menghabiskan waktu selama 76 menit untuk berselancar di aplikasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)