Begini 7 Langkah Menghentikan Overthinking karena Masalah Kecil

loading...
Begini 7 Langkah Menghentikan Overthinking karena Masalah Kecil
Setiap orang bebas dan memiliki kebebasan untuk berpikir. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Setiap orang bebas dan memiliki kebebasan untuk berpikir . Selanjutnya, merupakan pilihan, apakah Anda ingin bertindak berdasarkan pikiran Anda atau terus memikirkannya tanpa mencapai kesimpulan.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memilih opsi terakhir, terlalu banyak berpikir tidak produktif hanya akan menambah masalah Anda yang sudah ada. Meskipun tidak ada yang bisa menghindarinya, Anda pasti dapat mendeteksinya dan menemukan cara untuk mengatasinya.

Karenanya, seperti dilansir Times of India pada Kamis (16/9/2021), berikut beberapa cara menghentikan diri Anda dari overthinking alias berpikir berlebihan serta membantu Anda menjalani kehidupan yang produktif.

Baca juga: Keluarga Diancam Oknum Pinjol, Nafa Urbach Mengadu ke Pihak Berwajib



1. Tanyakan pada diri sendiri apakah overthinking itu produktif

Mendesak otak Anda untuk mencari solusi yang mungkin dan membuatnya bekerja untuk memetakan rencana sangat berguna. Namun, terlalu banyak berpikir dan bolak-balik pada ide yang sama dapat melumpuhkan pikiran Anda.

Yang mengatakan, ketika Anda mendapati diri Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak berada dalam kendali Anda, lebih baik bertanya pada diri sendiri apakah itu produktif sama sekali. Jika Anda dapat melakukan sesuatu tentang hal itu, maka inilah saatnya untuk bertindak.

2. Tingkatkan kemampuan pemecahan masalah Anda

Memikirkan masalah yang ada tidak ada gunanya sampai dan kecuali jika Anda bertujuan untuk menemukan solusi. Karena itu, di waktu luang Anda, carilah cara untuk memperkaya kemampuan Anda dalam memecahkan masalah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top