alexametrics

Pentingnya Bijak Menyantap Kukis Lebihan Lebaran

loading...
Pentingnya Bijak Menyantap Kukis Lebihan Lebaran
Ketimbang ditaruh di meja, kukis sisa Lebaran lebih baik disimpan di lemari. Ambil secukupnya saja, dan makanlah maksimal tiga jenis kukis sebanyak satu buah per hari. Foto Ilustrasi/Culture Trip
A+ A-
JAKARTA - Idul Fitri sudah lewat sepekan, tapi apakah di rumah Anda masih menyimpan lebihan kue kering? Kalau ya, sebaiknya Anda bersikap bijaksana dengan tidak memakannya secara berlebihan mengingat tingginya kalori yang terkandung di dalam kudapan tersebut.

Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK menyarankan, ketimbang ditaruh di meja, kue-kue tersebut lebih baik disimpan di lemari. Ambil secukupnya saja, dan makanlah maksimal tiga jenis kukis sebanyak satu buah per hari. (Baca Juga: Ahli Ingatkan Tetap Jaga Pola Makan dan Pencegahan COVID-19)

Sehabis berpuasa, sebaiknya Anda mempertahankan pola makan sehat yang sudah diterapkan selama sebulan. Untuk itu, dr. Tirta merekomendasikan konsumsi alpukat, extra virgin olive oil, atau almon panggang. Jika tidak ada kontra indikasi, minumlah suplemen omega 3. Anda juga boleh mengonsumsi buah potong untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.

"Minum yogurt, kefir water, air cuka apel, atau makanan fermentasi lain untuk menjaga kesehatan. Dan, meskipun di rumah saja, usahakan untuk tetap bergerak aktif," katanya.



Sementara itu Akademisi sekaligus Praktisi Klinis Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG mengingatkan beberapa risiko yang harus ditanggung jika kita mengonsumsi makanan Lebaran secara berlebihan, atau secara bersamaan.

"Risiko itu sebut saja peningkatan kadar kolesterol, kelebihan lemak, dan gangguan pencernaan," kata Prof. Ari.



Ketika berpuasa selama satu bulan penuh, tubuh mengalami perubahan metabolisme. Nah, ketika Lebaran tiba, perut lantas diisi dengan banyak makanan. Hal ini bisa memicu konstipasi.

"Pada saat Lebaran biasanya ada opor, rendang, ketupat, dan segalanya. Kalau semua dimakan, nanti isi perut campur aduk. Itu yang biasanya menyebabkan sembelit," terang Prof. Ari.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak