Gejala Asam Urat di Tangan yang Perlu Diketahui, Tak Melulu Nyeri

loading...
Gejala Asam Urat di Tangan yang Perlu Diketahui, Tak Melulu Nyeri
Gejala asam urat bisa muncul pada tangan tak melulu nyeri. Asam urat merupakan penyakit yang sering dialami akibat terbentuknya kristal pada persendian. Foto/Diabetes UK.
JAKARTA - Gejala asam urat bisa muncul pada tangan tak melulu nyeri . Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala tersebut. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat.

Penyakit ini adalah jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri pada sendi akibat terbentuknya kristal pada persendian. Tak hanya pada sendi, asam urat pun juga bisa muncul pada tendon yang berada di dekat sendi.

Ketika mengalami asam urat, sendi bisa menjadi bengkak, nyeri, dan merah. Asam urat bisa terjadi pada berbagai tempat. Beberapa diantaranya adalah di jempol kaki, sendi siku, pergelangan tangan, dan jari. Pembengkakan bisa datang dan pergi di sendi yang sama atau di sendi yang berbeda.

Merangkum dari Assh, Jumat (17/9/2021) asam urat umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya genetika, obat-obatan tertentu termasuk obat untuk tekanan darah tinggi, diuretik, pengencer darah, dan obat yang disebut siklosporin yang digunakan untuk pasien yang telah menjalani transplantasi organ.



Baca Juga: Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter, Ini Daftarnya!

Selain itu sering mengonsumsi daging, makanan laut, alkohol, obesitas , resistensi insulin, kolesterol tinggi , penyakit jantung , hipotiroidisme, dan penyakit ginjal juga dapat dikaitkan dengan asam urat.

Adapun gejala asam urat yang muncul pada tangan meliputi muncul serangan secara tiba-tiba pada sendi yang menimbulkan rasa panas, merah, atau bengkak. Sendi bisa sangat menyakitkan sehingga terasa sakit untuk digerakkan.

Terkadang persendian terlihat seperti terinfeksi, padahal sebenarnya tidak. Kristal asam urat dapat membentuk benjolan putih yang disebut tophi dan sering terlihat di bawah kulit. Benjolan ini tidak menyakitkan.

Untuk mendiagnosis asam urat bisa dengan cara melakukan pemeriksaan fisik oleh dokter, rontgen, dan tes laboratorium. Seseorang akan ditanya tentang gejala dan bagaimana asam urat telah berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Resep Panjang Umur, Jadilah Pendengar yang Baik
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top