5 Tips Kendalikan Keinginan Asup Makanan Manis pada Penderita Diabetes

Senin, 20 September 2021 - 11:18 WIB
loading...
5 Tips Kendalikan Keinginan Asup Makanan Manis pada Penderita Diabetes
Makanan manis sering kali menarik perhatian. Tapi, bagi penderita diabetes, mengidam makanan manis bisa menjadi persoalan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan atau camilan manis seperti donat, cake, dan cookies sering kali menarik perhatian. Tapi, bagi penderita diabetes , mengidam makanan manis bisa menjadi persoalan yang sangat rumit.

Terkadang, seseorang menginginkan makanan manis ketika merasa terkekang, cemas, ataupun kesal. Kenyataannya, jarang sekali orang menginginkan makanan manis karena lapar. Makanan manis umumnya digunakan sebagai 'hadiah' untuk tubuh. Baik setelah sarapan ataupun makan malam, hasrat mengudap makanan manis bisa terjadi karena dianggap mengurangi dampak pada kesehatan mental, ditambah fakta bahwa seseorang tidak dapat berhenti setelah mencicipinya.



Ahli gizi dan diet percaya bahwa mengidam gula adalah alasan utama atas ketidakmampuan seseorang untuk tetap berpegang pada diet yang sehat.

Jika Anda mencari cara untuk mengekang keinginan mengudap makanan manis, lihatlah beberapa tips yang direkomendasikan oleh ahli berikut ini, seperti dilansir dari laman Time Now News, Senin (20/9/2021).

1. Hindari Melewatkan Makan

Dalam hal penurunan berat badan, seseorang mungkin merasa perlu melewatkan makan untuk mengurangi asupan kalori. Ternyata, itu bisa berkontribusi pada keinginan mengidam makanan manis sehingga meningkatkan asupan kalori secara drastis dan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Sebagai ganti, para ahli merekomendasikan untuk memasukkan makanan kaya serat serta protein dalam diet untuk menghindari rasa lapar dan menyebabkan rasa kenyang.

2. Pilih Pemanis Alami dan Sehat

Sekali-kali melampiaskan nafsu makan Anda mungkin tidak terlalu membahayakan kesehatan. Namun sebaliknya, hal itu bisa berdampak positif pada kesejahteraan mental.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)