Mengenal Fakta Kanker Paru yang Diderita Pebulutangkis Legendaris Verawaty Fajrin

Selasa, 21 September 2021 - 10:54 WIB
loading...
A A A
Jika ada anggota keluarga yang mengalami kanker paru, baik itu orangtua, saudara kandung, atau anak, itu meningkatkan risiko penyakit.

3. Cara mencegah kanker paru

Tidak ada cara pasti yang dapat mencegah seseorang mengidap kanker paru, namun mengurangi risiko adalah jalan keluar yang dapat membantu. Untuk itu, beberapa langkah berikut ini bisa Anda jalani sebagai rutinitas untuk memastikan tidak ada sel kanker hidup di paru-paru.

- Jangan merokok

Jika Anda tidak pernah merokok, maka pastikan tak punya rasa keinginan untuk mencobanya. Jangan segan juga untuk mulai membicarakan bahaya merokok kepada lingkungan sekitar agar mereka tahu 'pagar' yang Anda bangun untuk tidak melakukan hal tersebut.

- Berhenti merokok

Jika sudah terlanjur menjajalnya, maka berhenti mulai dari sekarang. Tidak ada usaha yang sia-sia dan langkah ke arah yang lebih baik akan selalu memberi dampak yang baik meski Anda sudah merokok bertahun-tahun lamanya.

- Jauhi asap rokok

Anda benar-benar harus menjauhi rokok, apapun jenisnya termasuk asap rokok. Ya, asap rokok terbukti menjadi salah satu sumber terbentuknya sel kanker. Jadi, usahakan Anda benar-benar tidak terpapar asap rokok, ya.

- Konsumsi makanan dan minuman bergizi serta seimbang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)