Biaya yang Ditanggung BPJS Apa Saja? Anda Perlu Tahu

Kamis, 23 September 2021 - 04:45 WIB
loading...
Biaya yang Ditanggung BPJS Apa Saja? Anda Perlu Tahu
Biaya apa saja yang ditanggung BPJS Kesehatan ternyata masih banyak belum diketahui masyarakat. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Biaya apa saja yang ditanggung BPJS ternyata masih banyak belum diketahui masyarakat. Padahal hampir seluruh masyarakat Indonesia adalah peserta BPJS Kesehatan .

Untuk diketahui, BPJS Kesehatan dulunya bernama Askes (Asuransi Kesehatan). BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan mendaftar BPJS Kesehatan, peserta akan mendapatkan berbagai manfaat fasilitas kesehatan sesuai tingkatannya. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dan offline. Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan Mobile JKN yakni aplikasi daftar BPJS Kesehatan online.

Baca juga: Cara Memisahkan Bayi Kembar Siam

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/9/2021), berikut layanan kesehatan dan penyakit yang tercover atau ditanggung oleh BPJS Kesehatan:

1. Pelayanan kesehatan tingkat pertama

Pelayanan kesehatan tingkat pertama membiayai pelayanan kesehatan umum yang mencakup:

- Biaya administrasi pelayanan kesehatan.

- Pelayanan promotif dan preventif seperti penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana (konseling, vasektomi, atau tubektomi), dan skrining kesehatan untuk mendeteksi risiko penyakit serta mencegah dampak lanjutan penyakit.

- Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)