Ria Ricis Lamaran, Mari Mengenal Makanan Khas Aceh yang Dibawa Teuku Ryan

Kamis, 23 September 2021 - 17:02 WIB
loading...
Ria Ricis Lamaran, Mari Mengenal Makanan Khas Aceh yang Dibawa Teuku Ryan
Dalam acara lamaran Ria Ricis, Teuku Ryan hadir dengan membawa seperangkat antaran salah satunya makanan khas Aceh. Foto/MNCTV
A A A
JAKARTA - Ria Ricis resmi dilamar oleh Teuku Ryan pada hari ini Kamis, 23 September 2021. Acara lamaran tersebut disiarkan langsung lewat program bertajuk Halaqah Cinta Ria Ricis & Teuku Ryan di MNCTV, yang dipandu Irfan Hakim dan Vega Darwanti.

Dalam acara yang digelar di ballroom sebuah hotel di Jakarta tersebut, Teuku Ryan hadir dengan membawa seperangkat antaran seperti perhiasan, baju adat, hingga makanan khas Aceh.



Makanan khas Aceh yang dibawa Teuku Ryan antara lain roti jala, kue meuseukat, kue limpeng, kue pulut panggang, dan ikan kayu eungkot.

Makanan khas Aceh tersebut mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Nah, daripada penasaran, berikut fakta-fakta seputar kue khas Aceh yang dibawa Teuku Ryan untuk Ricis dalam acara lamaran hari ini.

Kue Meuseukat

Ria Ricis Lamaran, Mari Mengenal Makanan Khas Aceh yang Dibawa Teuku Ryan


Meuseukat adalah panganan sejenis dodol dikarenakan tekstur yang lembut dan rasanya manis. Rasa manis ini didapat dari buah nanas yang digunakan dalam pembuatannya sehingga kue ini disebut juga dodol nanas.

Seperti makanan dari daerah lain, meuseukat juga memiliki filosofi tersendiri yang kemudian menempatkannya dalam kasta tertinggi kue tradisional khas Aceh.

Dalam memperlakukan tamu, masyarakat Aceh dikenal dengan kesopanannya yang tinggi. Tidak hanya perilaku, tetapi juga dari penyajian makanannya. Warna putih kue inilah yang kemudian diartikan sebagai kejernihan hati masyarakat Aceh saat menyambut tamu.

Kue Limpeng

Ria Ricis Lamaran, Mari Mengenal Makanan Khas Aceh yang Dibawa Teuku Ryan


Kue Limpeng merupakan makanan tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Makanan ini berbahan tepung beras dan campuran terigu. Bahan tersebut dicampur rata sebelum ditambah dengan parutan kelapa.

Mungkin tidak semua orang Aceh tahu dan pernah makan kue ini. Tapi kue ini sangat familiar di Aceh Besar dan sering ditemui pada saat bulan puasa.

Kue Pulut Panggang

Pulut panggang merupakan jenis kue basah mirip lemper. Kue ini merupakan olahan ketan yang di dalamnya diberi isian ikan tongkol lalu dibakar di atas bara.

Ketan terlebih dulu dimasak dengan cara dikukus dengan daun pandan sampai menjadi nasi aron. Setelah itu dicampur rebusan santan hingga merata dan dimasak sampai kering.

Roti Jala

Ria Ricis Lamaran, Mari Mengenal Makanan Khas Aceh yang Dibawa Teuku Ryan


Roti jala merupakan roti yang berbentuk seperti jaring. Roti ini juga sering disebut roti kirai. Umumnya, untuk menikmati roti ini, orang Aceh menyajikannya dengan kari. Baik kari kambing atau kari ayam, keduanya bisa dijadikan topping untuk menikmati roti jala. Roti jala umumnya disajikan di berbagai acara besar, termasuk lamaran.



Ikan Kayu Eungkot

Hidangan ini merupakan andalan pejuang Aceh dulu saat melawan penjajah. Alasan hidangan satu ini dibilang andalan adalah karena ikan kayu diolah sedemikian rupa hingga bisa bertahan lama.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga awet dan tahan lama, sehingga ikan kayu eungkot tidak mudah basi. Makanan ini dijuluki ikan kayu karena tekstur ikannya keras seperti kayu yang telah melalui proses penjemuran dan pengasapan hingga berwarna cokelat tua dan kehitaman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)