Merencanakan Liburan bersama Anak di Masa Pandemi dengan Mister Aladin

Kamis, 23 September 2021 - 16:52 WIB
loading...
Merencanakan Liburan  bersama Anak di Masa Pandemi dengan Mister Aladin
Liburan Anda bisa dimulai dari perencanaan dan melakukan brainstorming dengan anak Anda dari sekarang. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Seperti yang diketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 sekarang ini belum berakhir. Tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Meskipun perkembangan di Indonesia terus membaik. Jumlah kasus positif cenderung turun dan jumlah kesembuhan naik. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 (21/09/2021), jumlah kasus positif di Indonesia 3.263 pasien, jauh di bawah jumlah pada saat puncak beberapa waktu lalu.

Pandemi masih dapat berdampak terhadap kesehatan fisik dan mental setiap orang. Oleh karena itu, pemerintah terus mengimbau warga untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan terutama untuk lebih banyak berkegiatan di rumah dan mengurangi mobilitas.

Pandemi benar-benatr memengaruhi kehidupan kita. Tidak hanya fisik tetapi juga menatal. Berbagai pengetatan, protokol kesehatan, PPKM, berdampak terhadap kesehatan mental, termasuk mental anak-anak.

Sebuah studi oleh Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) (5/4/2021) mengumumkan masalah kesehatan mental akan menjadi pandemi setelah Covid-19 teratasi.

"Pandemi Covid-19 tak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi juga tujuan hidup seseorang, dinamika keluarga, peran di tempat kerja, dan stabilitas ekonomi," jelas peneliti Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal).

Baca juga: Konsumsi Vitamin D dan Jaga Pola Hidup Sehat Dapat Cegah Covid-19

Faktor lain yang memperburuk, adalah perubahan peran keluarga, kekerasan dalam rumah tangga, isolasi, kesepian, kesedihan karena kehilangan keluarga atau teman, kecemasan umum, kelelahan profesional, dan stres pasca-trauma.

Studi ini juga melaporkan, 30-60 persen pasien Covid-19 mengalami masalah pada sistem saraf pusat dan perifernya. Kondisi tersebut menyebabkan berbagai masalah.

Lalu bagaimana cara kita menjaga kesehatan mental keluarga, khususnya anak-anak kita? Situs resmi UNICEF menuliskan beberapa langkah positif yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental anak Anda.

1. Dorong mereka untuk membagikan isi perasaan mereka

Beri perhatian lebih kepada anak dengan cara sederhana seperti menanyakan bagaimana hari mereka dan apa yang telah mereka lakukan hari ini. Gunakan waktu berkualitas untuk mengobrol tentang hari mereka. Beberapa kata penyemangat sederhana dapat membantu mereka merasa nyaman untuk berbagi isi perasaan.

2. Rileks ketika ada masalah

Jika ada masalah atau konflik kecil, dengarkan pandangan anak Anda dan cobalah untuk menyelesaikan konflik dengan tenang. Jangan pernah membicarakan suatu masalah saat Anda sedang marah. Tunjukkan sikap yang tenang dan beri waktu untuk berbicara. Luangkan waktu untuk merenungkan jalan keluar agar dapat menyelesaikan masalah tersebut.

3. Beri contoh self-care pada anak

Salah satu contoh self-care yang tepat untuk diaplikasikan kepada anak Anda adalah memberi mereka waktu untuk mengelola stres seperti berolahraga, berbicara dengan teman, membuat daftar tugas atau perencanaan ke depan, mempertahankan rutinitas dan struktur, merenungkan apa yang patut disyukuri atau dibanggakan, dan melakukan hal-hal yang disukai seperti bermain musik, menari, dan membuat jurnal.

4. Luangkan waktu untuk mereka

Cobalah untuk memberi anak Anda waktu dan ruang yang tepat untuk istirahat dan menjelajahi banyak hal baru. Anak mungkin sudah lelah dan cenderung stres dengan aktivitas hariannya (dari pekerjaan sekolah, pekerjaan rumah, atau aktivitas lain yang mungkin sedang mereka kerjakan) sehingga butuh dukungan Anda untuk beristirahat. Contohnya seperti ajak mereka berlibur untuk mendapatkan suasana baru dan menyegarkan pikiran.

Baa juga: Mau Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah Hanya dengan Menirukan Adegan Sinetron Favoritmu? Ikutan Your Challenge Aja!

Pada akhirnya memang cara yang paling umum adalah mengajak anak-anak berlibur. Berlibur, salah satu yang paling ditunggu-tunggu saat ini. Sudahkah Anda merencanakan liburan keluarga Anda?

Liburan Anda bisa dimulai dari perencanaan dan melakukan brainstorming dengan anak Anda dari sekarang. Mister Aladin dapat menjadi kawan setia Anda dalam menyusun rencana liburan bersama anak dan keluarga.

Rencanakan liburan ke berbagai destinasi di Indonesia dengan promo Vakansi Nyaman. Dengan promo ini, Anda bisa mendapatkan diskon hingga Rp250.000 untuk hotel dan tiket pesawat se-Indonesia dengan pembayaran menggunakan kartu kredit digibank. Promo ini hanya berlaku untuk transaksi hari Rabu dan Jumat.

Head of Partnership Mister Aladin, Hening Jagat, mengatakan, promo ini tepat untuk masyarakat yang ingin memiliki kebebasan untuk berlibur di waktu yang ingin mereka pilih sesuai dengan situasi dan kondisi.

"Promo Vakansi Nyaman adalah bentuk support dari Mister Aladin dan Digibank terhadap masyarakat yang ingin mengajak keluarga berlibur tanpa khawatir budget membengkak. Selama masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, tentu kita tidak perlu terlalu cemas dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Jangan lupa juga untuk selalu memilih hotel yang bersertifikasi CHSE dan menentukan waktu penerbangan yang kira-kira tidak ramai. Jadi, asupan berlibur masyarakat dapat terpenuhi dengan amunisi hemat dan aman," ujar Hening Jagat, saat ditemui di Jakarta, (20/09/2021).

Promo ini bisa Anda nikmati hingga tanggal 29 Oktober 2021 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo Vakansi Nyaman bisa dilihat di halaman berikut https://www.misteraladin.com/promotions/vakansidbs .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3248 seconds (0.1#10.140)