4 Tempat Camping Ceria di Daerah Bogor yang Ramah Anak

Jum'at, 24 September 2021 - 18:05 WIB
loading...
4 Tempat Camping Ceria di Daerah Bogor yang Ramah Anak
4 Tempat Camping Ceria di Daerah Bogor yang Ramah Anak. Foto/IG @yudi.pix
A A A
BOGOR - Tempat camping ceria (campcer) di daerah Bogor setiap akhir pekan selalu dipadati wisatawan. Namun dari sekian banyak camping ground di wilayah Bogor, belum tentu aman atau ramah bagi anak.

Selain karena medan dan jarak yang harus ditempuh relatif jauh, juga karena sebagian besar lokasi camping di wilayah Bogor terletak di perbukitan atau pegunungan yang suasananya masih asri, sehingga rawan gangguan dari satwa liar.

Tak hanya itu, bagi Anda yang berniat untuk membawa keluarga, khususnya anak di bawah umur, tentu pemilihan tempat yang lengkap fasilitas dan ramah anak harus jadi pertimbangan utama.



Maka dari itu, artikel ini mencoba memberikan ulasan terhadap tempat campcer di wilayah Bogor yang ramah anak berdasarkan pengalaman SINDOnews beberapa waktu lalu. Berikut 4 tempat campcer di daerah Bogor yang ramah anak:

1. Camping Ground Suaka Elang Loji

Pusat Suaka Elang Jawa (PSEJ) Loji yang terletak di Desa Ciburayut, Cigombong, Kabupaten Bogor memiliki area camping yang cukup luas.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingi merasakan sensasi menginap di tengah hutan sambil membawa anak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bogor sekitar 45 menit jika menggunakan kendaraan roda empat, roda dua 30 menit.

Tempatnya cukup bersih dan memiliki fasilitas penyewaan tenda, toilet hingga tempat ibadah. Selain itu, di tempat ini juga pengunjung diperkenankan melihat elang jawa yang akan dilepas.



Adapun harga tiketnya saat ini adalah Rp 20.000/orang. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 30.000 per malam. Biaya parkir untuk mobil Rp 60.000 per malam.

2. Bukit Alas Bandawasa

Tempat camping atau camping ground Bukit Alas Bandawasa letaknya tidak terlalu jauh dengan Suaka Elang Loji. Namun wilayahnya masuk Desa Pasirjaya, Cigombong, Kabupaten Bogor.

Tempat ini sempat viral di media sosial dikarenakan saat matahari terbit pengunjung bisa melihat sunrise dibalik Gunung Gede Pangrango.

Tempat camping Bukit Alas Bandawasa memiliki camp area yang cukup luas dan berundak-undak. Bagi Anda yang hendak membawa keluarga sangat cocok di ajak camping disini.

Jarak antara tempat parkir dan lokasi camping tidak terlalu jauh. Dilokasi ini, sudah tersedia mushala dan toilet. Tiket Masuk Bukit Alas Bandawasa Rp 5.000/orang, biaya camping Bukit Alas Bandawasa Rp20.000/orang dan tarif parkir Rp 2.000/motor.

3. Camping Ground Gayatri Bogor

Lokasi camping ini bernama Camping Gayatri yang berada di daerah Citeko Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Untuk mencapai lokasi camping ground ini tentunya tidaklah mudah dikarenakan medannya yang cukup sulit dan menantang, mengingat lokasi camping gayatri yang berada di puncak maka jalannya akan sering menanjak.

Namun setelah Anda mencapai lokasinya, pesona alam yang begitu indah akan menyambut Anda dan tentunya sebanding dengan perjuangan ketika anda melakukan perjalanan menuju ke lokasi.

Daya tariknya sama seperti Bukit Alas Bandawasa memiliki pemandangan Gunung Gede Pangrango. Dilokasi tersebut sudah tersedia fasilitas mushala, toilet, dan penyewaan tenda.

Bagi Anda yang membawa peralatan camping sendiri kalian tidak perlu menyewa paket namun hanya membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000/orang.

Selain camping menggunakan tenda, terdapat juga Glamping yang membuat anda dapat menginap di rumah-rumah kecil yang cukup bagus, dan lokasinya tidak jauh dari Camping Ground. Glamping ini dapat anda coba dengan harga sebesar Rp 350.000/malam.

4. Camping Ground Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan salah satu tempat wisata di dataran tinggi yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang dijadikan sebagai jalur pendakian menuju Puncak Manik (Salak 1).

Di wilayah ini juga banyak tersedia area camping yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membawa keluarga. Lokasinya biasa disebut kawasan Gunung Salak Endah, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Area campingnya cukup luas. Wilayah ini didominasi hutan pinus dan juga memiliki 7 air terjun dengan lokasi yang cukup tersebar. Namun jumlah air terjun yang mudah dikunjungi ada 5 yaitu Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak, dan Curug Ngumpet.

Kawah Ratu buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke TNGHS ini adalah Rp 10.000 per orang. Untuk kendaran roda dua dikenakan karcis masuk Rp 5.000, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)