Diabetes Tipe 2, 4 Gejala Muncul di Malam Hari Tanda Gula Darah Tinggi

Senin, 27 September 2021 - 05:15 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 4 Gejala Muncul di Malam Hari Tanda Gula Darah Tinggi
Diabetes tipe 2 identik dengan gula darah tinggi yang menyebabkan sejumlah gejala di malam hari. Gula darah tinggi di malam hari menyebabkan gejala berbeda. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 identik dengan gula darah tinggi yang menyebabkan sejumlah gejala di malam hari. Tanda gula darah tinggi di malam hari bisa menyebabkan gejala berbeda yang perlu diketahui.

Dilansir dari Express, Senin (27/9/2021) gejala yang terjadi pada malam hari sebagai tanda gula darah tinggi meliputi tidur yang buruk, sering buang air kecil, haus dan sakit kepala. Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan gula darah tinggi di malam hari.

Makanan yang dikonsumsi di siang hari, seberapa banyak olahraga yang dilakukan, makanan ringan sebelum tidur, waktu dosis insulin atau tingkat stres, semuanya dapat menentukan kenaikan gula darah di malam hari.

Para ahli juga memperingatkan pola berbeda dari gula darah tinggi yang dialami di malam hari. Seseorang mungkin mulai dengan kadar gula darah tinggi ketika mereka pergi tidur, namun kadar ini turun dan kemudian naik lagi beberapa jam kemudian.


Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi seseorang untuk terlebih dahulu menyadari gejala umum yang terjadi di malam hari tetapi juga untuk memahami apa penyebab kenaikan gula darah ini.

Pada malam hari, saat seseorang tidur, hati melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Hati bertindak sebagai gudang gula darah dan menyimpan satu suplai sampai sarapan dikonsumsi.

Jumlah gula darah yang digunakan disesuaikan dengan jumlah glukosa yang dilepaskan oleh hati, sehingga kadar gula darah harus tetap konstan. Kenaikan kadar gula darah antara sekitar jam 03.00 dan waktu Anda bangun disebut fenomena fajar.

Hati seharusnya melepaskan cukup gula darah untuk menggantikan apa yang sedang digunakan, dan insulin bekerja sebagai pembawa pesan untuk memberi tahu hati berapa banyak yang cukup.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)