Tips Miss V Bebas Keputihan dan Terjaga Kebersihannya

Selasa, 28 September 2021 - 10:38 WIB
loading...
Tips Miss V Bebas Keputihan dan Terjaga Kebersihannya
Merawat Miss V agar selalu sehat adalah hal dasar yang mesti diperhatikan setiap perempuan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Merawat Miss V agar selalu sehat adalah hal dasar yang mesti diperhatikan setiap perempuan. Masalah keputihan yang sering dialami kaum hawa sejatinya dapat dicegah dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG mengatakan, keputihan merupakan permasalahan kesehatan reproduksi yang cukup sering dialami perempuan. Masalah ini memiliki dua jenis paling umum.



Ada dua macam keputihan, pertama tipe fisiologis yang disebabkan kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi, serta menjelang ovulasi.

"Tipe berikutnya adalah patologis, yaitu karena infeksi seperti candidiasis atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat kesehatan reproduksinya tidak dijaga," papar dr. Cynthia dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Lebih lanjut, Sisilism selaku Sexual Health Activist and Educator menerangkan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan Miss V bagi perempuan. Apa saja tips simple tersebut?

1. Di kegiatan sehari-hari, pastikan saat selesai buang air, usap berulang dari area pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah. Artinya, basuh area depan Miss V ke belakang, jangan sebaliknya.

2. Rutin membersihkan sekresi cairan di bagian vulva Miss V dan menjaganya untuk tidak lembab, serta mempertahankan pH-nya agar seimbang.

"Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan sabun khusus Miss V yang benar-benar dirancang khusus untuk area reproduksi perempuan dengan pH khusus dan tidak terlalu keras serta sudah teruji klinis," ungkap Sisilism.



3. Jika sudah, keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Miss V yang terjaga kesehatannya memiliki peran cukup penting dalam kehidupan seorang perempuan. Selain menaikkan rasa percaya diri, Miss V yang sehat dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan serta mengurangi dan mengontrol rasa takut ataupun cemas karena Miss V selalu terjaga kebersihannya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)