Sandiaga Uno Optimistis Pariwisata Akan Bangkitkan Lapangan Kerja

Selasa, 28 September 2021 - 13:38 WIB
loading...
Sandiaga Uno Optimistis Pariwisata Akan Bangkitkan Lapangan Kerja
Dengan semangat pariwisata untuk pertumbuhan inklusif, Menparekraf Sandiaga Uno ingin jadikan pariwisata sebagai motor kebangkitan ekonomi Indonesia. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day yang dicanangkan United Nations World Tourism Organization (Organisasi Pariwisata Dunia) dirayakan setiap 27 September.

Dengan semangat pariwisata untuk pertumbuhan inklusif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai motor kebangkitan ekonomi Indonesia dan pencipta lapangan kerja.

"Selamat hari pariwisata sedunia. Dengan semangat pariwisata untuk pertumbuhan inklusif kami optimistis akan bangkitkan lapangan kerja bagi 34 juta pelaku pariwisata dan ekononi kreatif," kata Menparekraf Sandi dalam keterangan resminya, Selasa(28/9/2021).

Baca juga: Populerkan Pop Dangdut di Era 1980-an, Bagaimana Kehidupan Heidy Diana saat Ini?

Menurut Sandi, pariwisata untuk pertumbuhan inklusif adalah bagaimana pariwisata menjadi penopang pertumbuhan yang merangkul masyarakat yang kehilangan pekerjaan selama masa pandemi. Pasalnya, jika dibandingkan sektor lain, pariwisata merupakan pencipta lapangan kerja yang potensial.

"Kita ini di tengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi, ternyata pariwisata itu pencipta lapangan kerja yang luar biasa besar sekali. Untuk USD1 yang diinfestasikan di sektor lain, di pariwisata itu dampak lapangan kerjanya bisa enam kali lipat," terangnya.

"Jadi buat saya inclusive growth itu bagaiman kita bisa membuka lapangan kerja bagi jutaan orang yang kehilangan pekerjaan di dunia dan di Indonesia terutama di Bali," imbuhnya.

Baca juga: Joget Jaipong Pakai Dress, Bodi Zaskia Gotik Jadi Sorotan

Guna mewujudkan hal tersebut, Sandi menekankan pentingnya kolaborasi, adaptasi dan inovasi sebagai kunci menyambut pariwisata era baru pasca pandemi. "Tentunya pariwisata yang mengedepankan aspek kualitas dan keberlanjutan lingkungan serta membawa manfaat pada usaha-usaha masyarakat," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)