8 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Paling Ampuh, Catat!

Selasa, 28 September 2021 - 23:45 WIB
loading...
8 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Paling Ampuh, Catat!
Sakit tenggorokan bisa diobati dengan delapan cara meski biasanya sembuh sendiri dalam waktu seminggu. Ini merupakan kondisi sakit di tenggorokan saat menelan. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Sakit tenggorokan bisa diobati dengan delapan cara meski biasanya sembuh sendiri dalam waktu seminggu. Sakit tenggorokan merupakan kondisi perasaan sakit di tenggorokan saat menelan.

Sakit tenggorokan juga bisa terasa kering dan gatal serta menyebabkan kemerahan di bagian belakang mulut. Jika sakit tenggorokan, Anda juga mengalami bau mulut, batuk ringan, dan pembengkakan kelenjar leher.

Dilansir dari Express, Selasa (28/9/2021) anak-anak dengan sakit tenggorokan biasanya memiliki suhu tinggi dan lemas. Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus menular seperti pilek atau flu, tetapi juga dapat disebabkan oleh merokok.


Laringitis, tonsilitis, radang tenggorokan dan demam kelenjar adalah contoh penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri dan Anda akan diberi resep antibiotik.

Anda dapat mengobati sakit tenggorokan dan mempersingkat durasinya dengan berkumur air hangat dan asin (tidak untuk anak-anak), minum banyak air, makan makanan dingin atau lunak, hindari merokok atau tempat berasap dan menghisap es batu, es loli atau permen.

Jika ini tidak membantu, gunakan parasetamol atau ibuprofen, gunakan obat pelega tenggorokan yang mengandung anestesi lokal, antiseptik, atau obat antiinflamasi nonsteroid, gunakan semprotan anestesi (walaupun ada sedikit bukti bahwa mereka membantu).

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)