4 Gejala Serangan Jantung yang Muncul Seminggu Sebelum Kejadian

loading...
4 Gejala Serangan Jantung yang Muncul Seminggu Sebelum Kejadian
Banyak gejala serangan jantung yang bisa dialami seseorang. Menurut penelitian, empat tanda peringatan dapat muncul seminggu sebelum kejadian serangan jantung. Foto/Express.
JAKARTA - Banyak gejala serangan jantung yang bisa dialami seseorang. Menurut penelitian, empat tanda peringatan dapat muncul seminggu sebelum kejadian serangan jantung .

Kebanyakan orang mengasosiasikan serangan jantung dengan nyeri dada , tetapi penelitian menunjukkan ini tidak selalu merupakan indikator yang dapat diandalkan dari komplikasi jantung yang serius.

Dilansir dari Express, Rabu (15/9/2021) faktanya, satu penelitian menunjukkan empat gejala alternatif yang biasanya muncul seminggu sebelum mengalami serangan jantung.

Para peneliti menganalisis data dari studi Genesis Praxy, yang melacak kesehatan pasien yang dirawat karena sindrom koroner akut di Kanada, Swiss, dan Amerika Serikat.



Sindrom koroner akut adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang terkait dengan penurunan aliran darah ke jantung secara tiba-tiba. Salah satu kondisi tersebut adalah serangan jantung.

Baca Juga: Penyakit Jantung, Sensasi Tersedak yang Tak Boleh Diabaikan

Sebanyak 1.145 pasien dilibatkan dalam penelitian ini. Semuanya berusia 55 tahun atau lebih muda dan mengalami sindrom koroner akut antara 2009 dan 2013.

Sekitar sepertiga dari peserta adalah perempuan. Secara keseluruhan, sebagian besar pasien melaporkan mengalami setidaknya satu tanda peringatan sindrom koroner akut pada minggu sebelum acara mereka.

Gejala yang paling umum serupa antara pria dan wanita seperti kelelahan yang tidak biasa, gangguan tidur, kecemasan dan kelemahan atau ketidaknyamanan lengan.

Nyeri dada jarang terjadi, dengan hanya seperempat peserta yang mengalami gejala ini pada minggu sebelum kejadian serangan jantung. Namun, hanya 72% pria yang mengalami gejala awal, dibandingkan dengan 85% wanita.

Wanita juga secara signifikan lebih mungkin mencari perawatan medis untuk gejala-gejala ini daripada pria.



Baca Juga: Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top