5 Tanda Tubuh Anda Tak Mencerna Lemak secara Benar

Rabu, 29 September 2021 - 23:58 WIB
loading...
5 Tanda Tubuh Anda Tak Mencerna Lemak secara Benar
Agar organ internal berfungsi secara efisien, Anda tidak hanya perlu makan lemak sehat, tapi tubuh pun harus dapat mencernanya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Di ranah makanan sehat , lemak seakan tidak memiliki reputasi yang baik. Muncul anggapan bahwa mengonsumsi lemak akan membuat Anda gemuk dan rentan terhadap penyakit jantung. Padahal kenyataannya belum tentu demikian.

Sama seperti protein dan karbohidrat, lemak juga merupakan salah satu dari tiga makronutrien vital yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lemak adalah jenis lipid-protein yang menyediakan energi, bantalan organ, membantu sel tumbuh dan berkembang biak, serta membuat tubuh tetap hangat.



Hampir semua makanan yang Anda konsumsi dalam sehari mengandung sejumlah lemak. Perbedaannya adalah, beberapa di antaranya sehat dan diperlukan untuk kesehatan yang optimal, sementara yang lain dapat membuka jalan bagi banyak sekali masalah kesehatan.

Agar organ internal berfungsi secara efisien, Anda tidak hanya perlu makan lemak sehat, tapi tubuh pun harus dapat mencernanya. Melansir laman Times of India, Rabu (29/9/2021), berikut tanda-tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda tidak mencerna lemak sebagaimana mestinya.

1. Nilai dari Kotoran

Kotoran Anda mengungkap banyak rahasia tentang kesehatan Anda. Jika Anda melihatnya mengambang di toilet, itu berarti lemak tidak dicerna dengan baik. Kotoran jenis ini berwarna lebih pucat dan terus kembali ke permukaan setelah Anda menyiram.

Jika itu terjadi sesekali, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ketika perut mencerna lemak dengan baik, warna feses sedang hingga cokelat tua dan berbau.

2. Maag

Kita cenderung mengalami mulas setelah makan makanan pedas, berminyak, atau setelah makan terburu-buru. Tetapi, jika Anda mengalami mulas bahkan setelah makan makanan sehat, maka itu bisa menjadi tanda gangguan pencernaan lemak. Periksa pada dokter Anda untuk mengetahui penyebab atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)