Lagu Legendaris Dewa 19 yang Masih Hits sampai Sekarang, Ini Daftarnya

Kamis, 30 September 2021 - 16:41 WIB
loading...
Lagu Legendaris Dewa 19 yang Masih Hits sampai Sekarang, Ini Daftarnya
Penampilan Dewa 19 dalam Mega Konser Dewa 19 Sepanjang Masa yang pernah disiarkan RCTI beberapa waktu lalu. Dewa 19 memiliki banyak lagu yang melegenda. Foto/IG @officialrcti
A A A
JAKARTA - Lagu legendaris Dewa 19 memiliki lirik dan makna yang cukup mendalam, sehingga lagu-lagu tersebut masih terdengar sampai sekarang. Banyak kalangan yang bernostalgia ketika mendengarkan lagu milik grup band asal Surabaya ini, khususnya mereka yang lahir di era '90 hingga 2000-an.

Dewa 19 terbentuk pada 1986 oleh empat orang siswa SMP Negeri 6 Surabaya. Sebelumnya, nama grup band ini adalah Booster. Kemudian pada 26 Agustus 1987 lahirlah nama Dewa yang diambil dari huruf awal nama keempat personilnya yaitu Dhani Ahmad, Erwin Prasetya, Wawan Juniarso, dan Andra Junaidi.



Nama Dewa 19 sendiri tercipta ketika mereka menambah satu personil lagi, yakni Ari Lasso. Dewa 19 mempunyai arti bahwa rata-rata usia personilnya 19 tahun.

Dari grup band tersebut terciptalah lagu-lagu yang sangat memukau pada zaman itu bahkan hingga saat ini. Maka tak salah ketika banyak orang menyebutkan bahwa Dewa 19 merupakan band legendaris yang selalu mengorbitkan lagu-lagu yang melegenda juga.

Berikut lagu legendaris Dewa 19 yang wajib Anda dengar, dikutip dari Sportify.

1. Kangen



Lagu yang dirilis pada 1992 ini menjadi awal kebangkitan Dewa. Ini merupakan lagu perdana yang mereka ciptakan pada album Dewa 19. Banyak cerita mengenai lagu ini, mulai dari perjuangan untuk mendapatkan tempat rekaman hingga menjadi lagu yang populer di pasar musik Indonesia.

Kangen memiliki makna cinta yang didasari rasa rindu terhadap kekasih. Dengan lirik dan musik yang begitu indah, lagu ini telah membuat seseorang emosional ketika mendengarkannya.

Lagu ini sangat laris di pasar musik Indonesia hingga mendapatkan penghargaan BASF Awards 1993 untuk kategori pendatang baru terbaik dan album terlaris 1993.

Bukan hanya populer di masanya, lagu Kangen juga masih populer di zaman sekarang. Hal itu terlihat ketika masih banyak yang menyanyikan Kangen di acara-acara seperti pentas seni di sekolah hingga ajang pencarian bakat.

2. Elang



Elang yang ditulis oleh Dhani berhasil menjadi salah satu lagu yang mengisi album The Best of Dewa 19. Album ini berisi lagu-lagu terbaik karya Dewa 19. Tahun 1999 adalah awal dirilisnya lagu tersebut, namun masih kerap terdengar hingga saat ini.

Elang memiliki makna kepergian begitu dalam, yang dianalogikan seperti burung elang yang terbang setinggi-tingginya. Irama-irama dari musiknya membuat lagu ini semakin asyik didengar.

Sama seperti Kangen, Elang juga populer bukan hanya pada zamannya, tapi juga hingga kini.



3. Cinta ‘Kan Membawamu Kembali



Masuk ke dalam album ketiga Dewa yang dirilis tahun 1995, yakni Terbaik Terbaik, Cinta ‘Kan Membawamu Kembali menjadi salah satu lagu yang melejit pada zamannya. Lagu ini ditulis oleh Erwin Prasetya dan Ahmad Dhani yang kemudian dirilis pada 1995.

Diiringi dentingan piano yang sangat indah dan dengan lirik yang penuh makna, menjadikan lagu ini sangat khas.
Cinta ‘Kan Membawamu Kembali memiliki arti sebuah hubungan yang penuh lika-liku yang pada akhirnya disatukan oleh sebuah cinta. Hal itu terlihat dari judulnya.

Cinta ‘Kan Membawamu Kembali juga menjadi salah satu lagu yang masuk ke dalam album The Best of Dewa 19. Hal itu dikarenakan lagu tersebut sangat legendaris dan sampai saat ini masih banyak yang menyanyikan ataupun mendengarkannya.

4. Kamulah Satu Satunya



Kamulah Satu Satunya yang dirilis pada 1997 merupakan lagu yang sangat populer pada zamannya hingga saat ini. Lagu tersebut ditulis oleh Ahmad Dhani dan Erwin Prasetya, serta berada di album Pandawa Lima yang dirilis pada 1997.

Dari sebelas lagu di dalamnya, Kamulah Satu Satunya beserta dua lagu lain merupakan kunci sukses penjualan album tersebut hingga 800 ribu keping.

Kamulah Satu Satunya menggambarkan ungkapan permintaan maaf seseorang kepada yang dicintainya, karena seseorang itu sadar telah melupakannya. Dengan lirik yang penuh makna serta tempo musik yang sedikit cepat, menjadikan lagu ini menarik untuk didengarkan.

5. Cukup Siti Nurbaya



Irama musik yang menghentak pada lagu ini akan membawa Anda bernyanyi sambil menghentakkan kaki. Bukan hanya musiknya yang menarik, tapi terdapat juga lirik yang mempunyai pesan mendalam.

Pesan yang ingin disampaikan pada lagu ini adalah tidak semua cinta dapat diukur dengan harta dan tahta. Apabila dilihat dari judul lagunya, Cukup Siti Nurbaya, kita akan mengingat kembali cerita roman legendaris Siti Nurbaya.



Di dalam cerita tersebut, Siti Nurbaya dipaksa menikah oleh ayahnya dengan Datuak Maringgih yang dikenal sebagai seorang pengusaha kaya. Dari situlah kita melihat bahwa ada keterkaitannya lagu ini dengan cerita tersebut, yakni ingin memperjuangkan bahwa cukup Siti Nurbaya yang dipaksa menikah dengan orang yang tidak dicintainya.

Lagu ini dirilis pada 1995 dan berada di album Terbaik Terbaik. Dengan kepopulerannya, Kamulah Satu Satunya berhasil masuk ke dalam album The Best of Dewa 19. (mg04)
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)