Anak Muda Ini Kreasikan Batik khas Nusantara dengan 8 Ikon Negara Sahabat

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 14:52 WIB
loading...
Anak Muda Ini Kreasikan Batik khas Nusantara dengan 8 Ikon Negara Sahabat
Gandeng sejumlah duta besar negara sahabat, Yos Christian Addyputra bersama timnya mencoba mengolaborasikan batik khas nusantara dengan ikon dunia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hari Batik Nasional setiap tahunnya diperingati setiap 2 Oktober. Batik menjadi salah satu karakter Indonesia yang sudah diakui dunia.

Organisasi pendidikan, sains, dan kebudayaan dunia (UNESCO) bahkan menetapkan batik sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi asli Indonesia atau Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Batik di zaman modern bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih pop. Tapi, filosofi dan makna di balik setiap motif, warna, dan bahan tetap dipertahankan sebagai akar budaya yang tak boleh luntur.

Anak muda saat ini kembali mempopulerkan batik. Tak sedikit yang beraktivitas sehari-hari mengenakan kain batik. Itu salah satu bentuk cinta generasi muda terhadap warisan bangsa.

Baca juga: Hampir 100 Persen Penyandang Disabilitas di Jawa-Bali Sudah Divaksin Dosis Pertama

Namun, cara lain dilakukan anak muda bernama Yos Christian Addyputra, owner Garuda Kencana Batik. Dia bersama tim mencoba menggabungkan batik dengan ikon dunia. Kolaborasi ini bahkan melibatkan duta besar setiap negara yang dipilih.

"Kami berkolaborasi dengan 17 duta besar negara sahabat. Masing-masing mengenakan batik yang sudah kami desain dengan ikon-ikon kultural dan budaya tiap negara representatifnya. Inspirasi saya ini ingin menduniakan batik," kata Yos pada MNC Portal, Jumat (1/10/2021).

Aksi Yos dan timnya ini merupakan bagian dari program bertajuk 'Batik for The World', bekerja sama juga dengan majalah berbasis di Singapura, Tatler. Jadi, Yos coba mengulik keindahan motif batik khas Nusantara dengan ikon-ikon dunia, dari Eropa hingga Afrika.

Berikut 8 contoh koleksi batik yang merupakan hasil kolaborasi antara batik khas nusantara dengan ikon dunia yang dikenakan duta besar setiap negaranya:

1. Batik Gurdo Petra Kembangan (Yordania)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)