Sensasi Liburan di Desa Wisata Burai, Kampung Warna-warni di Ogan Ilir Sumsel

Minggu, 03 Oktober 2021 - 12:30 WIB
loading...
Sensasi Liburan di Desa Wisata Burai, Kampung Warna-warni di Ogan Ilir Sumsel
Desa Wisata Burai di Sumatera Selatan bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang menarik. Foto/Instagram Desa Ekowisata Burai Ogan Ilir, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
A A A
PALEMBANG - Desa Wisata Burai di Sumatera Selatan ( Sumsel ) bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang menarik. Apa saja atraksi yang ada di sana?

Selain alam, kreativitas warga dalam menyulap daerahnya menjadi unik juga bisa menarik para wisatawan untuk datang. Seperti dilakukan warga di Desa Wisata Burai atau dikenal dengan nama Kampung Warna Burai yang terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.



Saat memasuki desa ini, wisatawan langsung dimanjakan dengan warna-warni rumah warga yang tersebar di penjuru desa. Tiap objek warna-warni di sini menjadi daya tarik wisatawan untuk berswafoto ria.

Seperti dilansir akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @kemenparekraf.ri pada Minggu (3/10/2021), kreativitas yang dimiliki para warga tak hanya menyulap desanya menjadi tempat wisata warna-warni, melainkan juga memanfaatkan sungai yang ada.

Sensasi Liburan di Desa Wisata Burai, Kampung Warna-warni di Ogan Ilir Sumsel


Sungai Kelekar yang ada di desa tersebut disulap oleh warga menjadi destinasi wisata air. Jadi, selain para pengunjung bisa berfoto ria sembari menikmati pemandangan warna-warni, mereka juga dapat berkeliling sungai.

Para wisatawan bisa menikmati desa ini dengan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu ketek yang tersedia.

Sensasi Liburan di Desa Wisata Burai, Kampung Warna-warni di Ogan Ilir Sumsel


Kalau berkunjung ke sana, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Desa Wisata Burai ya! Mereka memiliki kerajinan berupa kain songket burai yang dapat dijadikan pakaian dan tas.



Tak hanya itu, ada juga anyaman purun yang terbuat dari olahan sejenis rumput yang tumbuh liar di rawa-rawa. Karena kreativitas warga yang dapat mengubah desanya menjadi tempat wisata, Kampung Warna Burai pun mendapat beberapa penghargaan.

Di antaranya adalah Juara II ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award pada 2020 sebagai ekowisata terpopuler. Kemudian, desa ini juga mendapat penghargaan dengan kategori 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)