Ini 4 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Jarang Disadari

Minggu, 03 Oktober 2021 - 19:45 WIB
Ini 4 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Jarang Disadari
Ini 4 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Jarang Disadari. Foto/Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit silent killer yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala awalnya demi menghindari risiko komplikasi yang lebih parah.

Tanpa penanganan yang tepat dan cepat, penderita diabetes dapat mengalami berbagai komplikasi serius. Sebab, kadar gula darah tinggi yang terus-menerus bisa berakibat pada komplikasi yang parah dan terkadang mengancam jiwa.

Berbagai komplikasi yang mungkin dapat dialami yakni penyakit jantung, stroke, kerusakan saraf atau neuropati, masalah pada kaki, penyakit ginjal, gangguan penglihatan, hingga masalah seksual.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2 Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi, Ini Solusinya!

Lantas, apa saja gejala-gejala awal diabetes tipe 2? Berikut informasi lengkapnya dirangkum dari Medical News Today, Minggu (3/10/2021).

1. Sering buang air kecil



Gejala awal yang pertama yaitu sering buah air kecil. Hal ini terjadi karena ketika kadar gula darah tinggi, ginjal akan mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Inilah yang dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

2. Mudah merasa haus dan lapar

Gejala lainnya adalah merasa lebih mudah haus dan lapar. Gejala mudah haus sendiri merupakan akibat dari sering buang air kecil yang lambat laun bisa menyebabkan dehidrasi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2387 seconds (11.210#12.26)