6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mulut, Mulai Keju Hingga Jeruk

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:30 WIB
loading...
6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mulut, Mulai Keju Hingga Jeruk
Bau mulut menjadi salah satu masalah yang mengganggu dan membuat seseorang kerap tidak percaya diri. Bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bau mulut menjadi salah satu masalah yang mengganggu dan membuat seseorang kerap tidak percaya diri. Sementara, untuk menjaga kesehatan mulut, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi.

Selain itu, ada juga makanan yang harus dihindari, yakni makanan yang kaya akan pati dan gula. Alasannya makanan tersebut paling disukai bakteri yang berada di gusi.

Bakteri tersebut mengubah gula menjadi asam berbahaya yang menyebabkan hadirnya beberapa kuman dan kotoran yang membusuk hingga menyebabkan beberapa penyakit gusi, seperti gingivitis atau periodontitis.

Perlu diketahui, pola makan yang sehat membuat sistem kekebalan tubuh jauh lebih kuat, sehingga membantu mencegah semua masalah kesehatan, termasuk kesehatan gusi dan gigi. Seperti dilansir Boldsky, berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mulut.

1. Keju
Mengunyah keju dapat mengaktifkan produksi air liur dan sifat basa lalu menetralkan asam yang terbentuk pada gigi oleh bakteri. Air liur yang dihasilkan juga dapat membantu melarutkan gula dalam mulut.

2. Susu
Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa protein susu seperti kasein dan laktoferin dapat menempel pada gigi lalu mencegah bakteri pembusuk gigi. (Baca juga: 7 Tips Aman Jalan-Jalan di Mal kala Masuki New Normal Corona ).

3. Yoghurt
Yoghurt merupakan probiotik yang dapat membantu menstabilkan mikrobiota oral dan menjaga kesehatan gusi dan gigi. Dua bakteri yang terdapat pada yoghurt, lactobacillus dan bifidobacterium dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri kariogenik.

4. Jeruk
Jeruk mengandung senyawa seperti tanin, terpenoid dan flavonoid yang dikenal efektif melawan bakteri. (Baca juga: 8 Artis Terseret Kasus Narkoba sepanjang 2020, Nomor 2 Model Majalah Dewasa ).

5. Apel
Mengunyah Apel juga dapat merangsang produksi air liur alkali yang mengurangi asam dalam mulut. Beberapa penlitian mengatakan, apel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mulut.

6. Semangka
Semangka memiliki kandungan likopen (antioksidan) yang baik bersama dengan vitamin B (B1, B6), kalium dan magnesium. Menurut sebuah penelitian, likopen dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan mulut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)