Kolesterol Tinggi, 3 Gejala Menyakitkan yang Muncul saat Berjalan

Kamis, 07 Oktober 2021 - 05:15 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, 3 Gejala Menyakitkan yang Muncul saat Berjalan
Kolesterol tinggi bisa ditandai dengan tiga gejala menyakitkan yang muncul saat berjalan. Gejala ini diketahui berdampak pada kaki karena tendon achilles. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa ditandai dengan tiga gejala menyakitkan yang muncul saat berjalan. Gejala ini diketahui berdampak pada kaki seseorang karena tendon achilles terpengaruh.

"Tendon achilles adalah situs paling umum dari xanthomas tendon," jelas sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lipids in Health and Disease dilansir dari Express, Kamis (7/10/2021).

Xanthomas tendon adalah timbunan kolesterol dalam tendon. Mereka muncul sebagai papula yang membesar perlahan atau nodul subkutan yang melekat pada tendon.

Menurut peneliti, penebalan tendon achilles adalah karakteristik awal xanthomas tendon achilles. Tendon menghubungkan otot ke tulang dan terbuat dari bahan berserat yang kuat.


Tendon berfungsi sebagai pita ketegangan yang membantu otot dan tulang bekerja sama selama gerakan. Achilles adalah yang terkuat dari semua tendon dan terletak di bagian belakang kaki dan menghubungkan betis ke tulang tumit.

Masalah tendon dapat timbul dari cedera mendadak atau gerakan berulang. Memiliki kolesterol tinggi diketahui menempatkan tendon pada risiko seperti masalah tendinitis achilles yakni ketika tendon achilles meradang dan teriritasi.

Adapun kondisi tersebut memiliki gejalanya meliputi sakit saat naik tangga, nyeri di tumit setelah aktivitas fisik, bengkak di tumit dan kelemahan di kaki bagian bawah.

Menurut Vascular Health Clinics, benjolan kecil di tendon achilles kadang-kadang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi, yang mengakibatkan timbunan kolesterol di tendon itu sendiri.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)