Gejala Diabetes Tipe 2 di Kuku yang Tandai Kondisi Serius

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 08:45 WIB
loading...
Gejala Diabetes Tipe 2 di Kuku yang Tandai Kondisi Serius
Gejala diabetes tipe 2 bisa muncul pada kuku. Sementara gejala diabetes tipe 2 tidak selalu jelas karena tidak selalu membuat seseorang merasa tidak sehat. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes tipe 2 bisa muncul pada kuku. Sementara gejala diabetes tipe 2 tidak selalu jelas karena tidak selalu membuat seseorang merasa tidak sehat, tetapi mengenali tanda kondisi tersebut dapat membantu mencegah komplikasi.

Seperti halnya dengan banyak kondisi, kuku jari seseorang juga bisa menjadi indikator diabetes tipe 2. Kuku adalah pertanda yang mencerminkan berbagai masalah kesehatan dan pemicu diagnosis penyakit kulit hingga penyakit kronis.

“Mereka bilang mata adalah jendela jiwamu. Kalau begitu kuku seseorang harus menjadi jendela kesehatannya," jelas Diabetes.co.uk dilansir dari Express, Sabtu (9/10/2021).


Kuku normal yang sehat biasanya berwarna merah muda, rata dan bahkan berwarna. Namun kuku yang berubah bentuk, ketebalan dan warnanya, serta terpisah dari dasar kuku, harus menjadi perhatian.

Jika kuku setengah putih dan setengah merah muda, ini bisa mengindikasikan masalah ginjal. Terdapat lubang kuku bisa menandakan mengidap psoriasis. Sedangkan kuku merah menandakan Anda mengidap penyakit jantung.

Selain itu, penyakit hati dapat menyebabkan perubahan kuku dalam bentuk. Sementara salah satu tanda yang dapat mengindikasikan diabetes adalah terdapat sedikit rona merah di bagian bawah kuku.


Penting untuk dicatat bahwa kuku tidak dapat mewakili keseluruhan gambaran kesehatan seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala diabetes tipe 2 lainnya juga.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)