5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi, Salah Satunya Bersyukur

Minggu, 10 Oktober 2021 - 12:25 WIB
loading...
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi, Salah Satunya Bersyukur
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi, Salah Satunya Bersyukur. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari kesehatan jiwa sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober sejak tahun 1992. Adanya peringatan ini adalah untuk kembali meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Untuk cara menjaganya pun tak jauh berbeda, mulai dari mengonsumsi makan makanan yang sehat, mendapatkan tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur.

Namun di luar itu, ada cara-cara yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan mental. Cara-cara ini sangat mudah dilakukan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.



Berikut lima cara menjaga kesehatan mental di rumah, seperti dirangkum dari The Healthy, Minggu (10/10/2021).

1. Bersyukur

Cara yang pertama adalah bersyukur. Meski kedengarannya klise, cara yang satu ini ternyata memang ampuh meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian dari tahun 2019 dalam Journal of Positive Psychology telah menemukan, bahwa rasa syukur dapat meningkatkan harapan dan rasa bahagia Anda.

Jadi, cobalah meluangkan waktu untuk bersyukur setiap hari. Anda bisa mencoba dengan menuliskan hal-hal apa saja yang Anda syukuri setiap hari di sebuah jurnal atau catatan yang bisa ditempel di dinding kamar atau di tempat-tempat yang sering Anda lihat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)