Dorce Gamalama Idap Hipoglikemia, Waspadai Gejalanya!

Senin, 11 Oktober 2021 - 12:03 WIB
loading...
Dorce Gamalama Idap Hipoglikemia, Waspadai Gejalanya!
Dorce Gamalama mengidap hipoglikemia yaitu kadar gula darah atau glukosa terlalu rendah. Kondisi ini memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Dorce Gamalama mengidap hipoglikemia yaitu kadar gula darah atau glukosa terlalu rendah. Kondisi ini memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai selain pingsan seperti yang dialami Dorce.

Menurut dokter yang merawat Dorce, Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Fakhrunnisa, Sp.S, selain pingsan, ada beberapa efek yang timbul akibat hipoglikemia.

"Orang yang mengalami hipoglikemia cenderung merasa tidak nyaman, tubuhnya lemas, sulit berkonsentrasi, pusing, mengantuk, kelaparan sehingga aktivitas sehari-harinya terganggu," kata dr Fakhrunnisa lewat keterangan resminya, Senin (11/10/2021).

Adapun gejala hipoglikemia antara lain badan gemetar, berkeringat, kebingungan, pandangan mata ganda atau kabur, hilang keseimbangan, mudah marah, bicara tidak jelas, dan masih merasa lelah saat bangun tidur pada pagi hari.


"Jika parah, pasien hipoglikemia bisa tiba-tiba pingsan atau tidak sadarkan diri, sehingga berbahaya sekali jika mereka sedang dalam perjalanan, misal saat menyetir kendaraan," jelas dr Fakhrunnisa.

"Bila pasien hipoglikemia tidak ditangani dengan baik dan segera, penyakit itu bisa mengakibatkan komplikasi seperti kejang-kejang, hilang kesadaran, bahkan kerusakan otak," tambahnya.

Kondisi ini akan menjadi sangat parah jika seseorang yang mengalami gejala ini tidak menyadarinya bahkan cenderung mengabaikan kondisi-kondisi tersebut. Menurut dr Fakhrunnisa, orang tersebut akan mengalami yang namanya kondisi hipoglikemia unawareness.

"Jika hipoglikemia diabaikan atau tidak disadari, tubuh menjadi kurang sensitif terhadap gejala tersebut. Akibatnya, otak tak lagi bisa merespons kadar gula darah yang turun hingga berdampak fatal terhadap kondisi pasien," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3614 seconds (0.1#10.140)