5 Obat yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ini Daftarnya!

Senin, 11 Oktober 2021 - 06:46 WIB
loading...
5 Obat yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ini Daftarnya!
Beberapa jenis obat dapat menurunkan kolesterol tinggi. Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola makan. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis obat dapat menurunkan kolesterol tinggi . Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola makan dan kebugaran.

Di mana penting untuk konsumsi lebih sedikit lemak jenuh, tidak ada lemak trans, lebih sedikit gula, dan lebih banyak aktivitas. Jika itu tidak cukup menurunkan kolesterol jahat (LDL), dokter akan meresepkan obat.

Meski demikian, Anda tetap harus mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat. Berikut obat yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari WebMD, Senin (11/10/2021).


1. Statin

Statin jenis obat pertama yang diresepkan dokter untuk menurunkan kolesterol jahat. Obat ini juga menurunkan trigliserida, yang merupakan jenis lemak darah lainnya dan sedikit meningkatkan kolesterol baik (HDL) Anda.

Adapun obat Statin termasuk Atorvastatin (Lipitor), Fluvastatin (Lescol), Lovastatin, Pitavastatin (Livalo), Pravastatin (Pravachol), Kalsium Rosuvastatin (Crestor) dan Simvastatin (Zocor). Studi menunjukkan statin menurunkan kemungkinan serangan jantung.

2. Resin

Resin bekerja di dalam usus Anda. Obat ini menempel pada empedu dari hati dan mencegahnya diserap kembali ke dalam darah. Empedu sebagian besar terbuat dari kolesterol, jadi obat ini mengurangi suplai kolesterol tubuh.

Obat ini di antaranya Cholestyramine (Prevalite), Colesevelam (WelChol) dan Kolestipol (Kolestid). Jenis obat yang berbeda, ezetimibe (Zetia), menurunkan kolesterol jahat dengan menghalangi penyerapan kolesterol di usus kecil.


3. Inhibitor PCSK9
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)