Kulit Melepuh Tanpa Sebab, Ini 6 Faktor Pemicunya

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:02 WIB
loading...
Kulit Melepuh Tanpa Sebab, Ini 6 Faktor Pemicunya
Kulih melepuh tanda sebab kerap dialami oleh beberapa orang. Foto Ilustrasi/Eatthis.com
A A A
JAKARTA - Kulit melepuh tanda sebab kerap dialami oleh beberapa orang. Kulit melepuh adalah kondisi luka yang menimbulkan terbentuknya gelembung berbentuk lingkaran yang berisi cairan. Cairan pada kulit yang melepuh ini bisa berupa plasma, darah, ataupun nanah, tergantung pada letak kemunculannya.

Meski muncul tanpa sebab, ternyata ada hal yang menjadi pemicu kulit melepuh. Berikut beberapa penyebab kulit melepuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/10/2021).



1. Terjadi Gesekan pada Kulit

Gesekan pada kulit menjadi penyebab kulit tiba-tiba melepuh yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki.

Kulit melepuh pada area tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lain. Sedangkan pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat berjalan atau berlari.

2. Cuaca Ekstrem

Penyebab lain yang membuat kulit melepuh tanpa sebab adalah paparan suhu ekstrem. Misalnya, suhu yang terlalu panas ketika kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas hingga paparan sinar matahari.

Pada kasus tertentu, kulit melepuh tanpa sebab bisa muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu yang ekstrem.

3. Gigitan Serangga

Penyebab kulit melepuh tanpa sebab berikutnya adalah gigitan serangga. Biasanya, jenis gigitan berupa tungau kecil akan meninggalkan gelembung berisi di permukaan kulit tangan, pergelangan tangan, ketikak, hingga kaki. Selain itu, gigitan kutu dan kutu busuk juga bisa menjadi penyebab munculnya lepuhan kulit.

4. Paparan Bahan Kimia

Kulit melepuh tanpa sebab bisa terjadi akibat paparan bahan kimia. Kondisi ini disebut dengan dermatitis kontak. Beberapa bahan kimia yang menjadi penyebab kulit melepuh antara lain produk kosmetik dan perawatan kulit, detergen, zat pelarut, nikel sulfat (yang umum digunakan dalam proses pelapisan logam), dan lain-lain.

5. Pembuluh Darah Pecah di Permukaan Kulit

Kulit melepuh tanpa sebab bisa terjadi akibat pembuluh darah pecah di permukaan kulit. Hal itu membuat darah keluar menuju celah-celah di antara lapisan kulit sehingga menyebabkan terbentuknya lepuhan yang berisi darah. Pecahnya pembuluh darah ini bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi tertentu, misalnya paparan sinar matahari.



6. Kondisi Medis

Kulit melepuh bisa terjadi akibat kondisi medis atau pengobatan tertentu. Misalnya, jika lepuhan kulit yang muncul tergolong banyak dan berkelompok disertai rasa gatal, maka bisa jadi Anda mengalami herpes atau cacar air. Sedangkan penyebab kulit melepuh dan berair yang muncul dengan cepat mungkin menandakan bahwa Anda terkena dishidrosis.

Apabila kulit seperti melepuh muncul tiba-tiba disertai dengan gejala lain seperti kulit mengelupas, mengeras, dan pecah-pecah, maka Anda mengalami eksim. Pada beberapa orang, kulit melepuh tanpa sebab bisa saja terjadi karena penyakit autoimun dan atau penyakit genetik. Misalnya pemfigoid bulosa, dermatitis herpetiformis, atau epidermolisis bullosa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4006 seconds (0.1#10.140)